Evaluasi Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI

  • Nora Ritati Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi: (1) Kualitas pembelajaran dan (2) Output pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Prembun. Model yang digunakan yaitu model EKOP. Populasi semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Prembun berjumlah 107. Sampel berjumlah 78 siswa, ditentukan dengan pedoman tabel krecjie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, analisis dokumen dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil evaluasi kinerja guru dalam kelas rerata skor (2,81) kualifikasi “baik”, fasilitas pembelajaran rerata skor (3,06) kualifikasi “baik”, sikap siswa rerata skor (2,59) kualifikasi “baik”, dan motivasi belajar rerata skor (2,85) kualifikasi “baik” dan output pembelajaran dari nilai akhir semester rerata skor (2,23) kualifikasi “cukup baik”. Berdasarkan hasil tersebut di atas maka program pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Prembun menunjukkan rerata total skor (2,53), apabila dikonversikan dalam tabel perbandingan rerata total skor masing-masing komponen maka termasuk kualifikasi “baik”.

Published
2021-11-30
How to Cite
Ritati, N. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI . Surya Edunomics, 5(1), 34-41. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/suryaedunomics/article/view/2391
Section
Articles