PENGARUHKOMUNIKASITERHADAPKINERJAPEGAWAI DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Purworejo)

  • Cholimah Cholimah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Esti Margiyanti Utami Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Fitri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Suatu organisasi harus memiliki sumber daya manusia yang siap, mampu, dan siaga dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi. Instansi pemerintahan merupakan salah satu organisasi yang harus memiliki pegawai dengan catatan kinerja yang baik dalam mengemban tugasnya memberikan pelayanan kepada masyarakat. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja seorang pegawai diantaranya komunikasi dan motivasi kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai, menguji pengaruh komunikasi terhadap motivasi kerja, menguji pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja pegawai dan menguji pengaruh motivasi kerja dalam memediasi pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Purworejo sebanyak 100 pegawai. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pegawai yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil, yaitu sebanyak 70 pegawai. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan Hierarchical Regression Analysis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, dan motivasi kerja memediasi secara parsial pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai.
Kata Kunci : Komunikasi, Motivasi kerja dan Kinerja Pegawai

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-04
How to Cite
Cholimah, C., Utami, E. M., & Rahmawati, F. (2024). PENGARUHKOMUNIKASITERHADAPKINERJAPEGAWAI DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i2.4853