PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN INFORMATION QUALITY TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Shopee)

  • Vera Dwi Wahyuni Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Endah Pri Ariningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mahendra Galih Prasaja Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Perkembangan di bidang teknologi telah membawa perubahan dan pergeseran yang cepat dalam kehidupan seperti terjadinya paradigma ekonomi yang membentuk dunia maya dalam dunia perdagangan yang sering disebut dengan marketplace. Dalam marketplace terjadi interaksi antara berbagai perusahaan dengan pelanggan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu yang membuatperusahaan akan lebih leluasa dan pembeli juga dengan mudahmendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan. Banyaknya marketplace yang berkembang membuat persaingan semakin ketat. Oleh karena itu diperlukan perhatian dalam meningkatkan trust dan purchase decision untuk memenangkan persaingan. Untuk meningkatkan kepercayaan yaitu denganmemberikan kemudahan dalam berbelanja melalui e-service quality yang efektif serta penyajian informasi yang akurat melalui information quality yang baik. Dengan upaya yang dilakukan tersebut dapat meningkatkan purchase decision. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-service quality dan information quality terhadap purchase decision melalui trust.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna Shopee. Sampel pada penelitian ini berjumlah 200 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Analisis data menggunakan PLS-SEM dengan program SPSS 3. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas reliabilitas. Data diukur menggunakan outer model dan inner model.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decisionpada pengguna Shopee (2) information quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decisionpada pengguna Shopee(3) e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap trustpada pengguna Shopee(4) information quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap trustpada pengguna Shopee(5) trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decisionpada pengguna Shopee (6) trust memediasi secara complementer pengaruh e-service quality terhadap purchase decisionpada pengguna Shopee (7) trust memediasi secara complementerpengaruh information quality terhadap purchase decisionpada pengguna Shopee.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-07
How to Cite
Wahyuni, V. D., Ariningsih, E. P., & Prasaja, M. G. (2024). PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN INFORMATION QUALITY TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Shopee). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i2.4861