PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CONSUMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee diPurworejo)

  • Dwi Yanasari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titin Ekowati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dedi Runanto Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Teknologi informasi khususnya internet mengalami perkembangan yang sangat pesat. Teknologitersebutmembawaperubahandalamberbagaibidang,sepertigayahidupmasyarakat dalammelakukantransaksibarangyangsaatinidapatdilakukansecaraonline.Internetmemiliki peran penting dalam mendukung perkembangan e-commerce dalam melakukan transakasi secara online. Banyaknya marketplace yang bermunculan membuat masyarakat menjadi lebih sering melakukan keputusan pembelian terhadap suatu produk, dan belanja online dinilai jauh lebih mudah dan efektif. Dalam keputusan pembelian ada beberapa faktor yang mendukung yaituonlineconsumerreview,viralmarketingdanconsumertrustdenganketigafaktortersebut seseorang mampu mengambil keputusan membeli produk tersebut atau tidak. Oleh karena itu agar suatu bisnis bisa bertahan dalam persaingan salah satunya dengan cara mengikuti tren bisnis yang sesuai dengan zamannya dan menanamkan kepercayaan pada konsumen, memberikan informasi yang berkualitas. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah pengguna Shopee di Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakanpurposive sampling dengan memilih sampel 150 responden pengguna aplikasi Shopee di Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan hierarchical regression analysis menggunakan bantuan SPSS 16.0 For windows dan sobel test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa online consumer review, viral marketing dan consumer trus berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Selain itu, consumer trust juga memediasi secara parsial untuk pengaruh online consumer review dan viral marketing terhadap keputusan pembelian.
Katakunci:onlineconsumerreview,viralmarketing,consumertrust, dankeputusan pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-07
How to Cite
Yanasari, D., Ekowati, T., & Runanto, D. (2024). PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CONSUMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee diPurworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i2.4870