PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Smart TV Samsung)

  • Dewi Setiya Cahyani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Endah Pri Ariningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mahendra Galih Prasaja Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat di era 4.0 saat ini membuat pelaku bisnis yang membawahi produk teknologi berlomba untuk dapat bersaing di pasar global. Salah satu produk yang berkembang dibidang elektronik dan teknologi yaitu televisi. Hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan televisi untuk melakukan suatu inovasi dengan membuat desain produk yang lebih baik dan fitur-fitur yang belum ada sebelumnya. Minat pembelian ulang merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Untuk dapat memunculkan minat beli ulang, pemasar harus mengetahui faktor yang memengaruhi minat beli ulang diantaranya adalah citra merek, kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan.
Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Smart TV Samsung. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala Likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang (2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang (3) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (4) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (5) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang (6) kepuasan pelanggan memediasi sebagian pengaruh citra merek terhadap minat beli ulang (7) kepuasan pelanggan memediasi sebagian pengaruh kualitas produk terhadap minat beli ulang Smart TV Samsung.
Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, Minat Beli Ulang

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-07
How to Cite
Cahyani, D. S., Ariningsih, E. P., & Prasaja, M. G. (2024). PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Konsumen Smart TV Samsung). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i2.4871