Pengaruh Store Atmosphere,Experiental Marketing, dan Price Discount terhadap Purchase Decision di Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 (Studi pada konsumen J.Co Donuts & Coffee Artos Mall Magelang di Purworejo)

  • Gilang Pangestu Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Budiyanto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Wijayanti Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan saat ini semakin ketat, seperti bisnis ritel. Hal ini disebabkan karena banyaknya pelaku bisnis ritel yang sama di tambah lagi dengan kondisi saat ini di era new normal pasca pandemi Covid-19, hampir seluruh bisnis ritel di dunia terkena dampak kerugian yang sangat besar bahkan sampai tidak sedikit bisnis ritel yang mengalami kebangkrutan setelah adanya pandemi Covid-19. Pada masa new normal, daya beli kemungkinan masih cenderung menyusut dan belum kembali seperti semula, ketika fase new normal berlangsung, persaingan tentu semakin ketat dengan kondisi pasar ekonomi yang belum setabil dan daya beli belum kembali normal. Oleh karena itu, sebuah perusahaan bisa menerapkan strategi store atmosphere,experiental marketing,dan price discount. Agar perusahaan dapat bertahan selama pasca pandemi Covid-19 dandapatmenarik konsumen untuk tetap mengambilkeputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Store Atmosphere, Experiental Marketing dan Price discount terhadap Purchase Decision.
Populasi dalam peneiatian ini adalah konsumen J.Co Donuts&Coffee Artos Mall Magelang di Purworejo. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling, dan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan memilih sampel sebanyak 150 responden konsumen J.Co Donuts & Coffee di Artos Mall Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh kuesioner masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS Statistic versi 25.0 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase decision, experiental marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase descision, serta price discount berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase decision.
Kata kunci: Store Atmosphere, Experiental Marketing, Price Discount, Purchase Decision

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-07
How to Cite
Pangestu, G., Budiyanto, & Wijayanti. (2024). Pengaruh Store Atmosphere,Experiental Marketing, dan Price Discount terhadap Purchase Decision di Era New Normal Pasca Pandemi Covid-19 (Studi pada konsumen J.Co Donuts & Coffee Artos Mall Magelang di Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i2.4872