PENGARUHATTITUDE,SUBJECTIVENORM,DANPERCEIVEDBEHAVIORAL CONTROL TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK KOSMETIK

  • Puji Sundari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Endah Pri Ariningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Wijayanti Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Saat ini industri kosmetik atau personal care di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Hal ini menyebabkan persaingan antar produsen kosmetik semakinkompetitif. Sehingga mengharuskan perusahaan membuat strategi pemasaran yang tepat agar menarik minat konsumen . Salah satu yang harus dilakukan olehperusahaan dalam meraih minat konsumen yaitu dengan memprediksi perilaku konsumen. Perilaku konsumen ini meliputi attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control. Dengan memprediksi perilaku konsumen maka perusahaan dapat mengetahui sejauhmana seseorang memiliki purchase intention terhadap suatu produk. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control terhadap purchase intention.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat Purworejo yang mengetahui kosmetik Herborist. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden, menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah valid dan reliabel. Pembuktian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa attitude berpengaruh positif terhadap purchase intention, subjective norm berpengaruh positif terhadap purchase intention, dan perceived behavioral control berpengaruh positif terhadap purchase intention.
Katakunci:attitude,subjectivenorm,danperceivedbehavioralcontrol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-08
How to Cite
Sundari, P., Ariningsih, E. P., & Wijayanti. (2024). PENGARUHATTITUDE,SUBJECTIVENORM,DANPERCEIVEDBEHAVIORAL CONTROL TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK KOSMETIK. Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i2.4874