PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA(K3),BUDAYA ORGANISASI,DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA (Studi pada Karyawan Bagian Produksi Pabrik Bakpia Pathok‘25’Yogyakarta)

  • Lilis Nur Setyaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Esti Margiyanti Utami Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Fitri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang terpenting dalamorganisasi atau perusahaan guna mewujudkan visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan. Dalam perusahaan setiap karyawan dituntut untuk memiliki produktivitas kerja yang baik untuk mencapai tujuan perusahaan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja diantaranya keselamatan dan kesehatan kerja (K3), budaya organisasi, dan komitmen organisasional.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja (K3) terhadap produktivitas kerja, (2) untuk menguji pengaruh budaya organisasi terhadap produktivitas kerja, (3) untuk menguji pengaruh komitmen organisasional terhadap produktivitas kerja. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan bagian produksi Pabrik Bakpia Pathok ‘25’ Yogyakarta yang berjumlah 150 karyawan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria karyawan yang bekerja minimal 1 tahun, sehingga jumlah sampel adalah 110 karyawan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji cobakan serta telah memenuhisyarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil analisis data menunjukkan (1) keselamatan dan kesehatan kerja (K3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, (2) budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja, (3) komitmen organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja.
Kata kunci : Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Budaya Organisasi, Komitmen Organisasional, dan Produktivitas Kerja

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-09
How to Cite
Setyaningsih, L. N., Utami, E. M., & Rahmawati, F. (2024). PENGARUH KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA(K3),BUDAYA ORGANISASI,DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA (Studi pada Karyawan Bagian Produksi Pabrik Bakpia Pathok‘25’Yogyakarta). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(2). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i2.4875