PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT (Studi pada Pengguna Produk Scarlett di Purworejo)

  • Devi Fahriyanti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titin Ekowati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dedi Runanto Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Kesehatan kulit dan wajah merupakan hal utama yang paling sering diperhatikan bukan hanya bagi Wanita saja melainkan bagi pria juga. Saat ini banyak ditemukan berbagai merek produk skincare dan bodycare di pasaran, seperti something, skintific, scarlett, avoskin, dan sebagainya. Seiring berkembangnya usaha dalam industi kosmetik maka persaingan antar Perusahaan menjadi sangat meningkat. Oleh sebab itu, para pelaku bisnis harus mampu memahami faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diantaranya brand image, brand trust dan viral marketing.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara: (1) brand image terhadap keputusan pembelian (2) brand trust terhadap keputusan pembelian (3) viral marketing terhadap keputusan pembelian.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen produk scarlett yang melakukan pembelian di Purworejo. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling denga memilih sempel sebanyak 130 responden konsumen produk scarlett di Purworejo. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Instrument utama yang digunakan untuk memperoleh kuesioner masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta viral marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Brand Image, Brand Trust, Viral Marketing, dan Keputusan Pembelian

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-18
How to Cite
Fahriyanti, D., Ekowati, T., & Runanto, D. (2024). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND TRUST DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT (Studi pada Pengguna Produk Scarlett di Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(5). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i5.5640