PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION TO USE DENGAN ATTITUDE TOWARD USING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Aplikasi Dana di Kabupaten Purworejo)

  • Ansita Diah Septiani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Endah Pri Ariningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mahendra Galih Prasaja Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Teknologi dan komunikasi berkembang sangat pesat dan canggih, salah satu teknologi informasi yang banyak digunakan saat ini adalah sistem pembayaran. E-wallet digital merupakan salah satu aplikasi multiguna yang mencakup elemen transaksi seluler sehingga memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran melalui perangkat elektronik seperti ponsel atau komputer. Banyaknya pilihan e-wallet tentunya menjadi alternatif bagi masyarakat dalam memilih layanan yang dibutuhkan dan diinginkan. Oleh sebab itu, aplikasi Dana harus memiliki strategi yang tepat sehingga masyarakat dapatmemilih keinginan untuk mengadopsi aplikasi yang ditawarkan atau dengan kata lain memiliki behavioral intention to use.
Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat yang mengetahui aplikasi Dana. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas convergent, validitas diskriminan dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of usedan attitude toward using berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention to use. perceived usefulness, perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude toward using. selain itu, perceived usefulness dan perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention to use yang dimediasi oleh attitude toward using, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partial mediation).
Kata Kunci: perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, behavioral intention to use

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-18
How to Cite
Septiani, A. D., Ariningsih, E. P., & Prasaja, M. G. (2024). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION TO USE DENGAN ATTITUDE TOWARD USING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Aplikasi Dana di Kabupaten Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(5). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i5.5641