PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, FREKUENSI PENAYANGAN IKLAN, DAN KUALITAS IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI (Survei pemirsa iklan Lemonilo di Purworejo)

  • Indriani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titin Ekowati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Dedi Runanto Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Perkembangan periklanan yang semakin pesat didukung oleh pertumbuhan media cetak maupun media elektronik yang terus meningkat memungkinkan iklan sebagai media informasi memiliki peran penting memperkenalkan dan memperkuat citra merek bagi sebuah produk. Perusahaan haruslah selektif dalam membuat iklan yang paling efektif untuk mendukung penjualannya. Iklan diperlukan oleh produsen agar dapat bertahan di tengah ketatnya dunia persaingan. Salah satu media yang diminati oleh banyak pemasar adalah media televisi, karena media ini merupakan media audiovisual yang menarik dan canggih dengan sekali penayangan dapat disaksikan serentak oleh puluhan juta pasang mata di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh daya tarik iklan, kualitas pesan iklan dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan.
Objek penelitian ini adalah Lemonilo. Populasi penelitian ini adalah seluruh pemirsa iklan Lemonilo di kota Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang responden. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel daya tarik iklan, kualitas pesan iklan dan frekuensi penayangan iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan Lemonilo. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa ketiga variabel mempunyai pengaruh yang positif terhadap efektivitas iklan.
Kata Kunci: Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan dan EfektivitasIklan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-18
How to Cite
Indriani, Ekowati, T., & Runanto, D. (2024). PENGARUH DAYA TARIK IKLAN, FREKUENSI PENAYANGAN IKLAN, DAN KUALITAS IKLAN TERHADAP EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI (Survei pemirsa iklan Lemonilo di Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(5). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i5.5644