PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, TRUST, DAN SECURITY TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI BRImo (Studi pada Nasabah BRI di Purworejo)

  • Nur Hartini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titin Ekowati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Fitri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Persaingan pada industri perbankan mendorong layanan-layanan jasa perbankan untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan pasar. Salah satu inovasi industri perbankan yaitu penggunaan teknologi self-service seperti e-banking. Ketatnya persaingan perbankan dapat diatasi dengan memberikan perceived usefulness, perceived ease of use, trust, dan security yang mampu membangun minat masyarakat untuk menggunakan jasa layanan perbankan, terutama Aplikasi BRImo. Tingginya minat pelanggan untuk menggunakan jasa pelayanan akan membatu keberlangsungan perbankan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh perceived usefulness terhadap minat menggunakan Aplikasi BRImo, 2) pengaruh perceived ease of use terhadap minat menggunakan Aplikasi BRImo, 3) pengaruh trust terhadap minat menggunakan Apliksasi BRImo, 4) pengaruh security terhadap minat menggunakan Aplikasi BRImo.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna Aplikasi BRImo di Purworejo. Sampel penelitian berjumlah 150 responden yang diambil dengan menggunakan probability sampling dengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa 1) perceived usefulness berpengaruh positif terhadap minat menggunakan aplikasi BRImo. 2) perceived ease of use berpengaruh positif terhadap minat menggunakan aplikasi BRImo. 3) trust berpengaruh positif terhadap minat menggunakan aplikasi BRimo. 4) security berpengaruh positif terhadap minat menggunakan aplikasi BRImo.
Kata Kunci: Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Trust, Security, Minat Menggunakan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-19
How to Cite
Hartini, N., Ekowati, T., & Rahmawati, F. (2024). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, TRUST, DAN SECURITY TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN APLIKASI BRImo (Studi pada Nasabah BRI di Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(5). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i5.5645