PENGARUH GREEN MARKETING DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Lampu LED Philips di KabupatenPurworejo)
Abstract
Perkembangan kegiatan industri yang semakinpesatdiiringi dengan kemajuan yang luarbiasadibidangteknologimenyebabkanpeningkatanpemakaiansumberdayaalam, sumberenergi yang berdampak pada meningkatnyalimbah yang dapat merusaklingkunganalam. Melihat dan merasakankondisiitulah, saat ini kitaharusmulaibergerak dan peduliterhadaplingkungan. Begitu juga setiap perusahaan apapun jenisusahanyaharusberorientasi pada lingkunganalam.Dengan haltersebutmenyebabkankonsumenmenjadilebihselektif dalam memilihproduk yang ramahlingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji: 1) pengaruhgreen marketingterhadapkeputusanpembelian,2) pengaruh corporate social responsibility terhadapkeputusanpembelian, 3) pengaruhgreen marketingterhadapbrand image 4) pengaruhcorporate social responsibilityterhadapbrand image 5) pengaruhbrand image terhadapkeputusanpembelian, 6) pengaruhgreen marketingterhadapkeputusanpembelian dengan brand image sebagai variabelmediasi, 7)pengaruhcorporate social responsibilityterhadapkeputusanpembelian dengan brand image sebagai variabelmediasi.Populasi pada penelitian ini adalahkonsumenproduklampu LED Philips di Kabupaten Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden menggunakan teknikpurposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skalaLikert. Untuk mengetahuikeakuratanpengukuransertakestabilan parameter kuesioner, terlebihdahulu dilakukan pengujiankuesioner dengan menggunakan uji validitasconvergen, validitasdiskriminan dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural Equation Modeling). Hasilpenelitian ini menunjukkanbahwagreen marketing dan corporate social responsibilityberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkeputusanpembelian. Green marketing dan corporate social responsibilityberpengaruhpositif dan signifikanterhadapbrand image. Kemudianbrand imageberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkeputusanpembelian. Selain itu, green marketing dan corporate social responsibilityberpengaruhpositif dan signifikanterhadapkeputusanpembelian yang dimediasi oleh brand image, dalam hal ini berupamediasisebagian (partial mediation).
Kata Kunci: Green Marketing, Corporate Social Responsibility, Brand Image, Keputusan Pembelian
Downloads
Copyright (c) 2024 Shinta Setyaningtyas, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.