PENGARUH CONTENT MARKETING, SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Gofood di Purworejo)
Abstract
E-commerce bagi sebagian orang telah menjadi alternatif dalam melakukan aktivitas pembelian produk makanan/minuman secara online. Namun ketatnya persaingan bisnis saat ini mengharuskan perusahaan Gojek tanggap terhadap kondisi pasar dan menentukan strategi pemasaran yang tepat serta mengembangkan informasi yang terbaru (up date) untuk mempertahankan pelanggan. Berbagai strategi yang dapat dilakukan Gojek khususnya gofood untuk menciptakan keputusan pembelian yaitu dengan mengembangkan content marketing, search engine optimization dan social media marketing. Di era saat ini banyaknya transaksi yang dilakukan secara online dapat meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) content marketing terhadap keputusan pembelian, (2) search engine optimization terhadap keputusan pembelian, dan (3) social media marketing terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua pelanggan Gofood di Purworejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, search engine optimization berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Pelanggan Gofood di Purworejo. Kata Kunci: Content Marketing, Search Engine Optimization, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian.
Downloads
Copyright (c) 2024 Nofa Ardiyanti, Murry Harmawan Saputra, Mahendra Galih Prasaja
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.