PENGARUH PENGETAHUAN HALAL, KESADARAN HALAL DAN LABEL TERHADAP KEPUTUSAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Janji Jiwa Yogyakarta)
Abstract
Industri food and beverage adalah industri yang bergerak di bidang makanan dan minuman, dimana industri ini memiliki daya tarik yang sangat kuat karena pasar di Indonesia sangat besar.Banyaknya bisnis food and beverage tentunya dapat menimbulkan persaingan dalam memperebutkan konsumen.Salah satu kelebihan yang bisa ditawarkan oleh produsen adalah jaminan halal pada produk yang ditawarkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) pengetahuan halal terhadap keputusan pembelian (2) kesadaran halal terhadap keputusan pembelian (3) label halal terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kopi Janji Jiwa Yogyakarta.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden.Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form yang telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengetahuan halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (2) kesadaran halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (3) label halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: pengetahuan halal, kesadaran halal, label halal, keputusan pembelian
Downloads
Copyright (c) 2024 Sinta Yovana Setyaningrum, Titin Ekowati, Fitri Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.