PENGARUH WEBSITE DESIGN QUALITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING(Studi pada Pengguna Lazada di Purworejo)

  • Sulyanti Sulyanti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Endah Pri Ariningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Mahendra Galih Prasaja Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Kehidupan masyarakat saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan dunia digital yang semakin pesat seperti adanya jaringan internet. Salah satunya ialah pada transaksi pembelian secara online (e-commerce). Persaingan e-commerce kini semakin ketat sehingga terjadi adanya penurunan pengunjung pada website Lazada. Ketatnya persaingan perusahaan e-commerce dapat diatasi dengan memberikan website design quality dan service quality yang dapat membangun customer trust yang dapat mempengaruhi repurchase intention, terutama pada Aplikasi Lazada. Tingginya minat pelanggan untuk menggunakan kembali jasa pelayanan akan membantu keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh website design quality terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 2) pengaruh service quality terhadap repurchase Intention pada pengguna Lazada, 3) pengaruh website design quality terhadap customer trust pada pengguna Lazada, 4) pengaruh service quality terhadap customer trust pada pengguna Lazada, 5)pengaruh customer trust terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 6) peran customer trust dalam memediasi pengaruh website design quality terhadaprepurchase intention pada pengguna Lazada, 7) peran customer trust dalam memediasi pengaruh service quality terhadaprepurchase intention pada pengguna Lazada. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna aplikasi Lazada di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 200 responden yang diambil dengan menggunakan non probability samplingdengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan metode Partial least Square (PLS).
Hasil analisis data Partial least Square(PLS) menunjukkan bahwa 1) website design quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 2) service quality berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 3) website design quality berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust pada pengguna Lazada, 4) service quality berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust pada pengguna Lazada, 5) customer trust berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 6) customer trust memediasi sebagian pengaruh website design qualityterhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 7) customer trust memediasi sebagian pengaruh service quality terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada. Kata Kunci: Website Design Quality, service quality, customer trust,dan repurchase intention.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-30
How to Cite
Sulyanti, S., Ariningsih, E. P., & Prasaja, M. G. (2024). PENGARUH WEBSITE DESIGN QUALITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING(Studi pada Pengguna Lazada di Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(6). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i6.5886