PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING DAN GREEN BRAND TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Tupperware di Purworejo)
Abstract
Populasi sampah yang semakin bertambah di Indonesia mengakibatkan timbunan sampah menggunung sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan serta menambah produksi gas metana. Persaingan antar perusahaan yang menghasilkan produk sejenis Tupperware menimbulkan persaingan yang sangat ketat, kualitas Tupperware yang banyak tiruan hingga kejahatan melalui iklan. Untuk itu, Tupperware menggunakan konsep pemasaran alami (hijau). Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh green product terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh green advertising terhadap keputusan pembelian, (3) green brand terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen produk Tupperware di Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 120 responden. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner melalui google form yang telah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) green product berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Tupperware di Purworejo. (2) Greeen advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Tupperware di Purworejo. (3) Green brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Tupperware di Purworejo. Kata Kunci : green product, green advertising, green brand, keputusan pembelian dan Tupperware
Downloads
Copyright (c) 2025 Narendra Asri Anindyo Rahajeng, Titin Ekowati, Fitri Rahmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.