PENGARUH CONTENT MARKETING, INFLUENCER, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada KonsumenProduk Somethinc di Purworejo)

  • Muhimatun Nisa Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Murry Harmawan Saputra Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Fitri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Persaingan brand kosmetik di Indonesia semakin ketat dikarenakan pelaku disektor industri ini semakin banyak. Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mencatat, industri kosmetik mengalami kenaikan jumlah perusahaan hingga 20,6%. Sebanyak 819 industri kosmetik mengalami pertambahan menjadi 913 industri semenjak 2021 hingga Juli 2022. Beberapa brand kecantikan lokal yang populer dipasaran pada tahun 2022 diantaranya Avoskin, Barenbliss, Dazzle me, Jacquella, Luxcrime, Scarlett Whitening, Somethinc, Wardah, Whitelab, dan Y.O.U Make Up. Hal ini menjadi tantangan perusahaan untuk bisa memenangkan persaingan dalam memperebutkan konsumen. Perusahaan melakukan strategi pemasaran dan dituntut untuk bisa memahami kebutuhan dan keinginan konsumen yang beragam. Strategi yang digunakan yaitu content marketing, influencer, dan media sosial yang akan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh content marketing terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh influencer terhadak keputusan pembelian, 3) pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk Somethinc di Purworejo. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilkakukan pengujian kuesioner dengan meggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi linier berganda dengan progam SPSS 15.0 Hasil penelitian ini menunjukkan 1) content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 3) media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata Kunci: Content Marketing, Influencer, Media Sosial

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-10
How to Cite
Nisa, M., Saputra, M. H., & Rahmawati, F. (2025). PENGARUH CONTENT MARKETING, INFLUENCER, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada KonsumenProduk Somethinc di Purworejo). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 6(6). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v6i6.6002