PENGARUH E-SECURITY, E-SERVICE QUALITY, DAN E-TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengguna Aplikasi Access by KAI)

  • Santi Rahmawati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Murry Harmawan Saputra Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Fitri Rahmawati Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstract

Perkembangan teknologi transportasi yang seiring dengan perkembangan teknologi menjadikan internet sebagai salah satu media yang digemari masyarakat. Internet menjadi sebagian kebutuhan masyarakat untuk menunjang aktifitas sosial maupun bisnis. Salah satu strategi untuk meningkatkan minat beli ulang adalah dengan e-security, e-service quality dan e-trust sehingga terciptanya e-satisfaction dan akan berdampak pada repurchase intention. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengalisis pengaruh e-security, e-service quality dan e-trust terhadap repurchase intention yang dimediasi oleh e-satisfaction pada pengguna aplikasi Access by KAI.
Populasi pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Access by KAI dengan kriteria minimal 2 kali pemakaian. Sampel yang digunakan sebanyak 150 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk analisis data menggunakan Structural Equation Modeling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-security, e-service quality, e-trust berpengaruh terhadap e-satisfaction. E-security, e-service quality, e-trust berpengaruh terhadap repurchase intention. E-satisfaction tidak memediasi pengaruh e-security terhadap repurchase intention, e-satisfaction memediasi pengaruh e-service quality terhadap repurchase intention, dan e-satisfaction memediasi pengaruh e-trust terhadap repurchase intention.
Kata kunci: E-Security, E-Service Quality, E-Trust, E-Satisfaction, Repurchase Intention

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-02-06
How to Cite
Rahmawati, S., Saputra, M. H., & Rahmawati, F. (2025). PENGARUH E-SECURITY, E-SERVICE QUALITY, DAN E-TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN E-SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Pengguna Aplikasi Access by KAI). Volatilitas Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(1). https://doi.org/10.37729/volatilitas.v7i1.6123