PENGARUH KOMUNIKASI, ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB), DAN PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORTS TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi Pada Pegawai PT. PLN Unit Layanan Pelanggan Kutoarjo)
Abstract
PT. PLN Unit Layanan Pelanggan Kutoarjo perlu menerapkan sistem manajemen kinerja yang baik untuk meningkatkan kinerja pegawai. Ada banyak factor yang mempengaruhi kinerja pgawai, diantaranya adalah factor komunikasi, organizational citizenship behavior, dan perceived organizational supports.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh komunikasi terhadap kinerja, menguji pengaruh organizational citizenship behavior terhadap kinerja, dan menguji pengaruh perceived organizational supports terhadap kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai PT. PLN Unit Layanan Pelanggan Kutoarjo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 97 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala likert yang masing-masing di uji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, Organizational Citizenship Behavior (OCB) berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai, dan Perceived Organizational Support berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai
Kata kunci: Komunikasi, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Perceived Organizational Support dan Kinerja Pegawai
Downloads
Copyright (c) 2025 Annisa Amalina Sulistyowati, Ridwan Baraba

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.