https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/issue/feed Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis 2024-12-15T15:30:11+07:00 Intan volatilitas@umpwr.ac.id Open Journal Systems <pre>Abbreviation :vol<br>DOI Prefix :10.37729/volatilitas<br>ISSN :<a title="e-ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231117461296412" target="_blank" rel="noopener">3031-4569</a>(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :Bimonthly (January, March,May, June, September, and November)<br>Editor in Chief :<a href="https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&amp;user=6cIUk4MAAAAJ&amp;view_op=list_works&amp;sortby=pubdate" target="_blank" rel="noopener">Wijayanti</a><br>Indexing :Click&nbsp;here<br>Focus &amp; Scope :Click here</pre> https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5822 PENGARUH DISIPLIN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Non Nakes Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Petanahan) 2024-12-15T14:15:44+07:00 Chosina Ika Febrianty chosina15@gmail.com Esti Margiyanti Utami estiutami@umpwr.ac.id Wijayanti Wijayanti wijayanti@umpwr.ac.id <p>Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor produksi yang ada pada perusahaan akan tetapi peranannya dalam mencapai tujuan sangatlah besar. Sumber daya manusia dalam setiap organisasi baik publik maupun bisnis adalah sumber daya yang utama, di samping berbagai sumber daya lainnya. Oleh sebab itu, dalam mengelola berbagai sumber daya tersebut sumber daya manusianya harus berkualitas. Untuk mencapai kepuasan kerja yang optimal, perusahaan sebaiknya juga berupaya agar para pegawai memperoleh kinerja yang baik dalam melakukan pekerjaan salah satunya dengan memperhatikan kedisiplinan dan komunikasi.<br>Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh disiplin terhadap kinerja pegawai, (2) untuk menguji pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai, (3) untuk menguji pengaruh disiplin terhadap kepuasan kerja pegawai, (4) untuk menguji pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja pegawai, (5) untuk menguji pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, (6) untuk menguji pengaruh disiplin terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai mediasi, (7) untuk menguji pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai mediasi. Sampel penelitian ini adalah pegawai tetap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Petanahan yang berjumlah 74 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dengan skala likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data kuesioner masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan alat bantu Smart PLS 3.0 Windows.<br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (2) komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (3) disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, (4) komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, (5) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (6) kepuasan kerja terbukti memediasi pengaruh disiplin terhadap kinerja pegawai, (7) kepuasan kerja terbukti memediasi komunikasi terhadap kinerja pegawai.<br>Kata Kunci : Disiplin, Komunikasi, Kinerja Pegawai, Kepuasan kerja</p> 2024-12-15T14:14:42+07:00 Copyright (c) 2024 Chosina Ika Febrianty, Esti Margiyanti Utami, Wijayanti Wijayanti https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5824 PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE (Studi pada Konsumen Produk Innisfree di Purworejo) 2024-12-15T14:51:45+07:00 Vira Setianing Tyas virasetiant@gmail.com Murry Harmawan Saputra murryhs@umpwr.ac.id Mahendra Galih Prasaja mahendra.galih@umpwr.ac.id <p>Isu mengenai global warming yang merupakan sumber penyebab masalah kesehatan kulit menjadi permasalahan yang sedang disoroti masyarakat luas dan banyak dipublikasi melalui media massa. Sehingga masyarakat menjadi lebih selektif terhadap produk-produk yang dikonsumsi maupun digunakannya dalam kehidupan sehari-hari yang menimbulkan perubahan perilaku konsumen dalam hal keputusan pembelian dan penggunaan sebuah produk.Saat ini banyak bermunculan kosmetik yang menjanjikan kulit putih seketika padahal bahan yang digunakan tersebut terdapat kandungan zat-zat kimia berbahaya.Tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat membuat kondisi ini dimanfaatkan sebagai peluang perusahaan di bidang kosmetik menggunakan isu-isu lingkungan dalam bersaing di dunia bisnis.Tantangan perusahaan kosmetik yang berbasis lingkungan adalah kemampuan dalam mengedukasi masyarakat bahwa produk yang mereka gunakan tidak hanya baik digunakan untuk kesehatan, tetapi juga baik untuk alam. Hal inilah yang menuntut perusahaan kosmetik dan skincare untuk berinovasi menciptakan strategi green marketing yang peduli pada isu lingkungan sehingga terciptanya brand image yang akan berdampak pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh green marketing terhadap brand image, 3) pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian, 4) pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh brand image.Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk Innisfree di Purworejo.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive samplingdengan responden sebanyak 185 orang.Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert.Analisis data menggunakan SmartPLS 3.0.Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Data diukur menggunakan outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, 3) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 4) brand image memediasi secara komplementer pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian produk Innisfree di Purworejo. Kata kunci:green marketing, brand image, keputusan pembelian</p> 2024-12-15T14:51:21+07:00 Copyright (c) 2024 Vira Setianing Tyas, Murry Harmawan Saputra, Mahendra Galih Prasaja https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5825 PENGARUH KEPERCAYAAN PADA PIMPINAN TERHADAP KETERIKATAN KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rumah Sakit Umum Daerah dr. R. Soetrasno Rembang) 2024-12-15T14:54:24+07:00 Rismawati Nur Safitri rismawatinursafitri@gmail.com Susi Widjajani susiwidjajani@umpwr.ac.id Agus Saur Utomo agussaur@umpwr.ac.id <p>Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum. Dalam menjalankan pelayanan kesehatan tersebut diperlukan sumber daya manusia sebagai salah satu unsur penting untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh sebab itu, pegawai sebagai sumber penting dalam keberhasilan suatu rumah sakit hendaknya diperhatikan, terutama mengenai keterikatan kerja. Keterikatan kerja dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya oleh kepercayaan pada pimpinan, dan kepuasan kerja. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh kepercayaan pada pimpinan terhadap keterikatan kerja, kepercayaan pada pimpinan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja terhadap keterikatan kerja, dan kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh kepercayaan pada pimpinan terhadap keterikatan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat Rumah Sakit Umum Daerah dr. R. Soetrasno Rembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang digunakan sebanyak 138 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data pada penelitian berupa analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan efek mediasi menggunakan program SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kepercayaan pada pimpinan berpengaruh positif terhadap keterikatan kerja, kepercayaan pada pimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap keterikatan kerja, dan kepuasan kerja memediasi pengaruh kepercayaan pada pimpinan terhadap keterikatan kerja. Kata kunci : kepercayaan pada pimpinan, keterikatan kerja, kepuasan kerja</p> 2024-12-15T14:53:50+07:00 Copyright (c) 2024 Rismawati Nur Safitri, Susi Widjajani, Agus Saur Utomo https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5826 PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, EASE OF USE, DAN TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION (Studi pada Pengguna Traveloka) 2024-12-15T15:27:32+07:00 Yulvi Umiyatus Soliha umiyatusyulfi@gmail.com Endah Pri Ariningsih endah@umpwr.ac.id Mahendra Galih Prasaja mahendra.galih@umpwr.ac.id <p>Perkembangan industri pariwisata di Indonesia semakin meningkat dan menjadi salah satu prioritas utama. Banyaknya sektor pariwisata yang berkembang, menjadikan adanya persaingan yang kompetitif sehingga mengharuskan pelaku bisnis untuk bergerak cepat, kreatif, dan antisipatif. Oleh karena itu, perusahaan pariwisata beralih dari Travel Agent konvensional menjadi Travel Agent Online. Salah satu Travel Agent Online yang berkembang pesat di Indonesia yaitu Traveloka. Dengan adanya Traveloka, konsumen akan lebih mudah untuk melakukan pembelian tiket perjalanan maupun tiket destinasi karena proses transaksinya dilakukan dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kondisi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh customer experience terhadap repurchase intention di situs traveloka, ease of use terhadap repurchase intention di situs traveloka, trust terhadap repurchase intention di situs traveloka.<br>Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah bertransaksi menggunakan aplikasi Traveloka. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden, jenis metode yang digunakan adalah purposive sampling. Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda.<br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pengguna Traveloka, dan trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pengguna Traveloka.<br>Kata kunci : Customer Experience, Ease of Use, Trust, dan Repurchase Intention</p> 2024-12-15T15:27:29+07:00 Copyright (c) 2024 Yulvi Umiyatus Soliha, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5827 PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KEPEMIMPINAN, DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi pada Karyawan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo) 2024-12-15T15:30:11+07:00 Putri Permata Sari putripermatasarii00123@gmail.com Susi Widjajani susiwidjajani@umpwr.ac.id Nenden Nur Annisa nendennurannisa@umpwr.ac.id <p>Aset organisasi paling penting yang harus dimiliki oleh perusahaan dan sangat diperhatikan oleh manajemen adalah aset manusia dari organisasi tersebut. Sumber daya manusia dalam hal ini adalah karyawan, merupakan aspek yang sangat dibutuhkan oleh suatu organisasi.Karyawan menjadi pelaku yang menunjang tercapainya tujuan, mempunyai pikiran, perasaan, dan keinginan yang dapat mempengaruhi sikap-sikapnya terhadap pekerjaannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangun sikap-sikap positif dalam organisasi yaitu dengan mengoptimalkan kepuasan kerja bagi karyawan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan dapat dilakukan dengan meningkatkan lingkungan kerja, kepemimpinan, dan komunikasi pada karyawan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel lingkungan kerja, kepemimpinan, dan komunikasi terhadap kepuasan kerja secara parsial. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo. Pengambilansampelmenggunakanteknikpurposive sampling pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sebanyak 140 responden. Pengumpulan data enggunakankuesionerdenganalternatifpilihanjawabanmenggunakanskalalikertyang terjawablengkap, sesuaikriteria, memenuhisyaratvaliditas dan reliabilitas. Analisis data menggunakanteknikanalisisregresi linier bergandadenganalatbantu SPSS 25.0 for windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalingkungankerjaberpengaruhpositifterhadapkepuasankerja,kepemimpinanberpengaruhpositifterhadapkepuasankerja,dankomunikasiberpengaruh positif terhadap kepuasan kerja.</p> 2024-12-15T15:30:08+07:00 Copyright (c) 2024 Putri Permata Sari, Susi Widjajani, Nenden Nur Annisa