Volatilitas Jurnal Manajemen dan Bisnis https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas <pre>Abbreviation :vol<br>DOI Prefix :10.37729/volatilitas<br>ISSN :<a title="e-ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20231117461296412" target="_blank" rel="noopener">3031-4569</a>(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :Bimonthly (January, March,May, June, September, and November)<br>Editor in Chief :<a href="https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&amp;user=6cIUk4MAAAAJ&amp;view_op=list_works&amp;sortby=pubdate" target="_blank" rel="noopener">Wijayanti</a><br>Indexing :Click&nbsp;here<br>Focus &amp; Scope :Click here</pre> en-US volatilitas@umpwr.ac.id (Intan) info@umpwr.ac.id (Nuning Cahyaningrum) Sun, 15 Dec 2024 14:22:30 +0700 OJS 3.1.2.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH DISIPLIN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Pegawai Non Nakes Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Petanahan) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5822 <p>Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor produksi yang ada pada perusahaan akan tetapi peranannya dalam mencapai tujuan sangatlah besar. Sumber daya manusia dalam setiap organisasi baik publik maupun bisnis adalah sumber daya yang utama, di samping berbagai sumber daya lainnya. Oleh sebab itu, dalam mengelola berbagai sumber daya tersebut sumber daya manusianya harus berkualitas. Untuk mencapai kepuasan kerja yang optimal, perusahaan sebaiknya juga berupaya agar para pegawai memperoleh kinerja yang baik dalam melakukan pekerjaan salah satunya dengan memperhatikan kedisiplinan dan komunikasi.<br>Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menguji pengaruh disiplin terhadap kinerja pegawai, (2) untuk menguji pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai, (3) untuk menguji pengaruh disiplin terhadap kepuasan kerja pegawai, (4) untuk menguji pengaruh komunikasi terhadap kepuasan kerja pegawai, (5) untuk menguji pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, (6) untuk menguji pengaruh disiplin terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai mediasi, (7) untuk menguji pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai dengan kepuasan kerja sebagai mediasi. Sampel penelitian ini adalah pegawai tetap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Petanahan yang berjumlah 74 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dengan skala likert. Instrumen utama yang digunakan untuk memperoleh data kuesioner masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan alat bantu Smart PLS 3.0 Windows.<br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (2) komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (3) disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, (4) komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, (5) kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, (6) kepuasan kerja terbukti memediasi pengaruh disiplin terhadap kinerja pegawai, (7) kepuasan kerja terbukti memediasi komunikasi terhadap kinerja pegawai.<br>Kata Kunci : Disiplin, Komunikasi, Kinerja Pegawai, Kepuasan kerja</p> Chosina Ika Febrianty, Esti Margiyanti Utami, Wijayanti Wijayanti Copyright (c) 2024 Chosina Ika Febrianty, Esti Margiyanti Utami, Wijayanti Wijayanti https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5822 Sun, 15 Dec 2024 14:14:42 +0700 PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE (Studi pada Konsumen Produk Innisfree di Purworejo) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5824 <p>Isu mengenai global warming yang merupakan sumber penyebab masalah kesehatan kulit menjadi permasalahan yang sedang disoroti masyarakat luas dan banyak dipublikasi melalui media massa. Sehingga masyarakat menjadi lebih selektif terhadap produk-produk yang dikonsumsi maupun digunakannya dalam kehidupan sehari-hari yang menimbulkan perubahan perilaku konsumen dalam hal keputusan pembelian dan penggunaan sebuah produk.Saat ini banyak bermunculan kosmetik yang menjanjikan kulit putih seketika padahal bahan yang digunakan tersebut terdapat kandungan zat-zat kimia berbahaya.Tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat membuat kondisi ini dimanfaatkan sebagai peluang perusahaan di bidang kosmetik menggunakan isu-isu lingkungan dalam bersaing di dunia bisnis.Tantangan perusahaan kosmetik yang berbasis lingkungan adalah kemampuan dalam mengedukasi masyarakat bahwa produk yang mereka gunakan tidak hanya baik digunakan untuk kesehatan, tetapi juga baik untuk alam. Hal inilah yang menuntut perusahaan kosmetik dan skincare untuk berinovasi menciptakan strategi green marketing yang peduli pada isu lingkungan sehingga terciptanya brand image yang akan berdampak pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh green marketing terhadap brand image, 3) pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian, 4) pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh brand image.Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk Innisfree di Purworejo.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive samplingdengan responden sebanyak 185 orang.Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert.Analisis data menggunakan SmartPLS 3.0.Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Data diukur menggunakan outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 2) green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image, 3) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, 4) brand image memediasi secara komplementer pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian produk Innisfree di Purworejo. Kata kunci:green marketing, brand image, keputusan pembelian</p> Vira Setianing Tyas, Murry Harmawan Saputra, Mahendra Galih Prasaja Copyright (c) 2024 Vira Setianing Tyas, Murry Harmawan Saputra, Mahendra Galih Prasaja https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5824 Sun, 15 Dec 2024 14:51:21 +0700 PENGARUH KEPERCAYAAN PADA PIMPINAN TERHADAP KETERIKATAN KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Perawat Rumah Sakit Umum Daerah dr. R. Soetrasno Rembang) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5825 <p>Rumah Sakit sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum. Dalam menjalankan pelayanan kesehatan tersebut diperlukan sumber daya manusia sebagai salah satu unsur penting untuk mencapai tujuan organisasi. Oleh sebab itu, pegawai sebagai sumber penting dalam keberhasilan suatu rumah sakit hendaknya diperhatikan, terutama mengenai keterikatan kerja. Keterikatan kerja dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya oleh kepercayaan pada pimpinan, dan kepuasan kerja. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh kepercayaan pada pimpinan terhadap keterikatan kerja, kepercayaan pada pimpinan terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja terhadap keterikatan kerja, dan kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh kepercayaan pada pimpinan terhadap keterikatan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat Rumah Sakit Umum Daerah dr. R. Soetrasno Rembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang digunakan sebanyak 138 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data pada penelitian berupa analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan efek mediasi menggunakan program SmartPLS. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kepercayaan pada pimpinan berpengaruh positif terhadap keterikatan kerja, kepercayaan pada pimpinan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap keterikatan kerja, dan kepuasan kerja memediasi pengaruh kepercayaan pada pimpinan terhadap keterikatan kerja. Kata kunci : kepercayaan pada pimpinan, keterikatan kerja, kepuasan kerja</p> Rismawati Nur Safitri, Susi Widjajani, Agus Saur Utomo Copyright (c) 2024 Rismawati Nur Safitri, Susi Widjajani, Agus Saur Utomo https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5825 Sun, 15 Dec 2024 14:53:50 +0700 PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, EASE OF USE, DAN TRUST TERHADAP REPURCHASE INTENTION (Studi pada Pengguna Traveloka) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5826 <p>Perkembangan industri pariwisata di Indonesia semakin meningkat dan menjadi salah satu prioritas utama. Banyaknya sektor pariwisata yang berkembang, menjadikan adanya persaingan yang kompetitif sehingga mengharuskan pelaku bisnis untuk bergerak cepat, kreatif, dan antisipatif. Oleh karena itu, perusahaan pariwisata beralih dari Travel Agent konvensional menjadi Travel Agent Online. Salah satu Travel Agent Online yang berkembang pesat di Indonesia yaitu Traveloka. Dengan adanya Traveloka, konsumen akan lebih mudah untuk melakukan pembelian tiket perjalanan maupun tiket destinasi karena proses transaksinya dilakukan dimanapun dan kapanpun sesuai dengan kondisi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh customer experience terhadap repurchase intention di situs traveloka, ease of use terhadap repurchase intention di situs traveloka, trust terhadap repurchase intention di situs traveloka.<br>Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah bertransaksi menggunakan aplikasi Traveloka. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden, jenis metode yang digunakan adalah purposive sampling. Kuesioner telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda.<br>Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pengguna Traveloka, dan trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pengguna Traveloka.<br>Kata kunci : Customer Experience, Ease of Use, Trust, dan Repurchase Intention</p> Yulvi Umiyatus Soliha, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja Copyright (c) 2024 Yulvi Umiyatus Soliha, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5826 Sun, 15 Dec 2024 15:27:29 +0700 PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KEPEMIMPINAN, DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KERJA (Studi pada Karyawan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5827 <p>Aset organisasi paling penting yang harus dimiliki oleh perusahaan dan sangat diperhatikan oleh manajemen adalah aset manusia dari organisasi tersebut. Sumber daya manusia dalam hal ini adalah karyawan, merupakan aspek yang sangat dibutuhkan oleh suatu organisasi.Karyawan menjadi pelaku yang menunjang tercapainya tujuan, mempunyai pikiran, perasaan, dan keinginan yang dapat mempengaruhi sikap-sikapnya terhadap pekerjaannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membangun sikap-sikap positif dalam organisasi yaitu dengan mengoptimalkan kepuasan kerja bagi karyawan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan dapat dilakukan dengan meningkatkan lingkungan kerja, kepemimpinan, dan komunikasi pada karyawan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel lingkungan kerja, kepemimpinan, dan komunikasi terhadap kepuasan kerja secara parsial. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh karyawan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo. Pengambilansampelmenggunakanteknikpurposive sampling pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sebanyak 140 responden. Pengumpulan data enggunakankuesionerdenganalternatifpilihanjawabanmenggunakanskalalikertyang terjawablengkap, sesuaikriteria, memenuhisyaratvaliditas dan reliabilitas. Analisis data menggunakanteknikanalisisregresi linier bergandadenganalatbantu SPSS 25.0 for windows. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalingkungankerjaberpengaruhpositifterhadapkepuasankerja,kepemimpinanberpengaruhpositifterhadapkepuasankerja,dankomunikasiberpengaruh positif terhadap kepuasan kerja.</p> Putri Permata Sari, Susi Widjajani, Nenden Nur Annisa Copyright (c) 2024 Putri Permata Sari, Susi Widjajani, Nenden Nur Annisa https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5827 Sun, 15 Dec 2024 15:30:08 +0700 PENGARUH CONTENT MARKETING, SEARCH ENGINE OPTIMIZATION DAN SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Gofood di Purworejo) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5828 <p>E-commerce bagi sebagian orang telah menjadi alternatif dalam melakukan aktivitas pembelian produk makanan/minuman secara online. Namun ketatnya persaingan bisnis saat ini mengharuskan perusahaan Gojek tanggap terhadap kondisi pasar dan menentukan strategi pemasaran yang tepat serta mengembangkan informasi yang terbaru (up date) untuk mempertahankan pelanggan. Berbagai strategi yang dapat dilakukan Gojek khususnya gofood untuk menciptakan keputusan pembelian yaitu dengan mengembangkan content marketing, search engine optimization dan social media marketing. Di era saat ini banyaknya transaksi yang dilakukan secara online dapat meningkatkan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) content marketing terhadap keputusan pembelian, (2) search engine optimization terhadap keputusan pembelian, dan (3) social media marketing terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua pelanggan Gofood di Purworejo. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, yang telah diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, search engine optimization berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Pelanggan Gofood di Purworejo. Kata Kunci: Content Marketing, Search Engine Optimization, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian.</p> Nofa Ardiyanti, Murry Harmawan Saputra, Mahendra Galih Prasaja Copyright (c) 2024 Nofa Ardiyanti, Murry Harmawan Saputra, Mahendra Galih Prasaja https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5828 Thu, 26 Dec 2024 14:58:27 +0700 PENGARUH PENGETAHUAN HALAL, KESADARAN HALAL DAN LABEL TERHADAP KEPUTUSAN KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Konsumen Janji Jiwa Yogyakarta) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5829 <p>Industri food and beverage adalah industri yang bergerak di bidang makanan dan minuman, dimana industri ini memiliki daya tarik yang sangat kuat karena pasar di Indonesia sangat besar.Banyaknya bisnis food and beverage tentunya dapat menimbulkan persaingan dalam memperebutkan konsumen.Salah satu kelebihan yang bisa ditawarkan oleh produsen adalah jaminan halal pada produk yang ditawarkan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) pengetahuan halal terhadap keputusan pembelian (2) kesadaran halal terhadap keputusan pembelian (3) label halal terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kopi Janji Jiwa Yogyakarta.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden.Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form yang telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengetahuan halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (2) kesadaran halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (3) label halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: pengetahuan halal, kesadaran halal, label halal, keputusan pembelian</p> Sinta Yovana Setyaningrum, Titin Ekowati, Fitri Rahmawati Copyright (c) 2024 Sinta Yovana Setyaningrum, Titin Ekowati, Fitri Rahmawati https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5829 Thu, 26 Dec 2024 15:01:37 +0700 PENGARUH KEADILAN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Karyawan KSPPS BMT Binamas Purworejo) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5885 <p>Persaingan di dunia kerja yang dinamis saat inimembuat tugas-tugas semakin kompleks, dan organisasi membutuhkan karyawan yang tidak hanya fokus dengan tanggung jawab pokok di dalam organisasi, namun juga melakukan tugas di luar tanggung jawabnya. Organisasi yang sukses membutuhkan karyawan yang termotivasi untuk bekerja melampaui tugas formalnya dan bekerja melebihi harapan. Hal tersebut muncul karena adanya pengaruh keadilan organisasional dan kepuasan kerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Keadilan Organisasional terhadap Organizational Citizenship Behavior dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhkaryawanKSPPSBMTBinamasPurworejo dengan jumlah 127 karyawan.Sampelyangdigunakanmenggunakanteknikpurposivesamplingsebanyak88responden.Pengumpulandatamenggunakankuesionerdengan alternatif pilihan jawaban menggunakan skala likert yang terdiri dari limapilihanjawaban.Kuesionertelahdiujicobakansertatelahmemenuhisyaratvaliditasdanreliabilitas.Analisisdatamenggunakanteknik analisis Baroon dan Kenny (1986) dengan menggunakan alat bantu SPSS 24 For Windows. Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1) keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior sebesar 0,585X,(2) keadilan organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasankerja sebesar 0,707X, (3) kepuasan kerja berpengaruhpositif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior sebesar 0,752Y, (4) kepuasan kerja memediasisecaraparsial pengaruh keadilan organisasional terhadapOrganizational Citizenship Behavior sebesar 0,676. KataKunci:Keadilan Organisasional, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior</p> Shinta Hernawati Dewi, Fitri Rahmawati, Dedi Runanto Copyright (c) 2024 Shinta Hernawati Dewi, Fitri Rahmawati, Dedi Runanto https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5885 Mon, 30 Dec 2024 15:43:59 +0700 PENGARUH WEBSITE DESIGN QUALITY DAN SERVICE QUALITY TERHADAP REPURCHASE INTENTION DENGAN CUSTOMER TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING(Studi pada Pengguna Lazada di Purworejo) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5886 <p>Kehidupan masyarakat saat ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan dunia digital yang semakin pesat seperti adanya jaringan internet. Salah satunya ialah pada transaksi pembelian secara online (e-commerce). Persaingan e-commerce kini semakin ketat sehingga terjadi adanya penurunan pengunjung pada website Lazada. Ketatnya persaingan perusahaan e-commerce dapat diatasi dengan memberikan website design quality dan service quality yang dapat membangun customer trust yang dapat mempengaruhi repurchase intention, terutama pada Aplikasi Lazada. Tingginya minat pelanggan untuk menggunakan kembali jasa pelayanan akan membantu keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh website design quality terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 2) pengaruh service quality terhadap repurchase Intention pada pengguna Lazada, 3) pengaruh website design quality terhadap customer trust pada pengguna Lazada, 4) pengaruh service quality terhadap customer trust pada pengguna Lazada, 5)pengaruh customer trust terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 6) peran customer trust dalam memediasi pengaruh website design quality terhadaprepurchase intention pada pengguna Lazada, 7) peran customer trust dalam memediasi pengaruh service quality terhadaprepurchase intention pada pengguna Lazada. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua pengguna aplikasi Lazada di Purworejo. Sampel penelitian ini berjumlah 200 responden yang diambil dengan menggunakan non probability samplingdengan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan metode Partial least Square (PLS).<br>Hasil analisis data Partial least Square(PLS) menunjukkan bahwa 1) website design quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 2) service quality berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 3) website design quality berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust pada pengguna Lazada, 4) service quality berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust pada pengguna Lazada, 5) customer trust berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 6) customer trust memediasi sebagian pengaruh website design qualityterhadap repurchase intention pada pengguna Lazada, 7) customer trust memediasi sebagian pengaruh service quality terhadap repurchase intention pada pengguna Lazada. Kata Kunci: Website Design Quality, service quality, customer trust,dan repurchase intention.</p> Sulyanti Sulyanti, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja Copyright (c) 2024 Sulyanti Sulyanti, Endah Pri Ariningsih, Mahendra Galih Prasaja https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5886 Mon, 30 Dec 2024 15:48:11 +0700 PENGARUH PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED PRICE DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP PURCHASE INTENTION (Studi pada Konsumen Minuman Lokita di Purworejo) https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5887 <p>Perkembangannya zaman menyebabkan keperluan konsumen akan berbagai hal tidak pernah terpuaskan dan semakin meningkat, karena masyarakat memiliki penilaian masing-masing dalam menentukan pilihannya. Melalui proses masyarakat akan menilai suatu produk untuk memutuskan berminat atau tidak membeli suatu produk. Memutuskan berminat atau tidaknya suatu produk biasanya ditandai denngan adanya keinginan memenuhi kebutuhan. Dalam memenuhi kebutuhannya masyarakat terkadang dihadapkan dengan berbagai pilihan, haltersebut memaksa masyarakat menentukan dan mengambil pilihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Berbagai hal yang menjadi pemicu purchase intention adalah perceived quality, perceived price, dan perceived value. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji (1) pengaruh perceived quality terhadap purchase intention, (2) pengaruh perceived price terhadap purchase intention, (3) pengaruh perceived value terhadap purchase intention. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua konsumen yang memiliki ketertarikan untuk membeli minuman lokita di Purworejo. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 150 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dengan skala likert yang terjawab lengkap, sesuai kriteria dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)perceived quality berpengaruh positif dan signifkan terhadap purchase intention. (2)Perceived price berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. (3) Perceived value berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Kata kunci :Perceived Quality, Perceived Price, Perceived Value,Purchase Intention</p> Nugraheni Wahyu Dwi Saputri, Titin Ekowati, Dedi Runanto Copyright (c) 2024 Nugraheni Wahyu Dwi Saputri, Titin Ekowati, Dedi Runanto https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/5887 Mon, 30 Dec 2024 15:50:29 +0700