Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia Menggunakan Scratch Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan mengamati peserta didik kelas 2 SDN Keseneng Purworejo. Ditemukan permasalahan terkait rendahnya pemahaman peserta didik dalam memahami cerita pendek pada mata pelajaran Bahasa Indonesia serta kurangnya motivasi mereka dalam belajar. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti mengembangkan media pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia berbasis Scratch guna meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap cerita pendek serta memberikan dorongan motivasi dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan, yaitu concept (perancangan konsep), design (desain), material collecting (pengumpulan elemen), assembly (perakitan), testing (pengujian), dan distribution (pendistribusian produk). Media pembelajaran yang dikembangkan kemudian diuji kelayakannya menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk menilai efektivitas dan tingkat pemahaman pengguna terhadap aplikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia yang dikembangkan memperoleh skor 71,18 berdasarkan sistem usability scale, yang dikategorikan sebagai baik. Hal ini menandakan bahwa peserta didik dapat menerima media pembelajaran ini dengan baik dan aplikasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai sarana pembelajaran interaktif Bahasa Indonesia. Dengan adanya media pembelajaran berbasis Scratch ini, diharapkan pemahaman siswa terhadap cerita pendek dalam Bahasa Indonesia dapat meningkat, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini juga membuka peluang bagi pengembangan lebih lanjut guna meningkatkan kualitas pembelajaran interaktif di tingkat sekolah dasar.
References
A. F. Karimah, J. Julia, and R. G. Nugraha, “Pengembangan Media Pembelajaran Koala untuk Pembelajaran Pola Irama di Sekolah Dasar,” J. Kependidikan, vol. 13, no. 2, pp. 2189–2202, 2024, [Online]. Available: https://jurnaldidaktika.org
N. R. Amalia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I,” J. PenSil, vol. 9, no. 2, pp. 104–110, 2020, doi: 10.21009/jpensil.v9i2.15350.
R. Wulandari, “Dampak Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan,” J. PGSD Indones., vol. 9, no. 2, pp. 66–76, 2023.
D. Darnawati, J. Jamiludin, L. Batia, I. Irawaty, and S. Salim, “Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline,” Amal Ilm. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, p. 8, 2019, doi: 10.36709/amalilmiah.v1i1.8780.
J. Kuswanto et al., “Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII,” Innov. J. Curric. Educ. Technol. IJCET, vol. 6, no. 2, pp. 58–64, 2017, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index._php/ujet
P. Ambarwati and P. S. Darmawel, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita,” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 18, no. 2, pp. 51–58, 2020, doi: 10.34010/miu.v18i2.3936.
G. Gunawan, I. M. Faiza, N. A. Santoso, and R. D. Kurniawan, “Penerapan Metode MDLC Pada Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Sustain. J. Kaji. Mutu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 201–210, 2022, doi: 10.32923/kjmp.v5i1.3100.
R. G. Alam and Puji Rahayu Kurniasih, “Penggunaan Metode System Usability Scale (Sus) Pada Aplikasi Simamurat,” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 7, no. 2, pp. 189–197, 2024, doi: 10.36085/jsai.v7i2.6209.
M. S. Tuloli, R. Patalangi, and R. Takdir, “Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS,” Jambura J. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 13–26, 2022, doi: 10.37905/jji.v4i1.13411.
L. N. Azizah, “eval__uasi Usability Aplikasi Mobile Ibis Paint X Menggunakan System Usability Scale (Sus),” J. Inform. dan Tek. Elektro Terap., vol. 12, no. 1, pp. 289–294, 2024, doi: 10.23960/jitet.v12i1.3726.
Copyright (c) 2025 Niko Marchel Alviano, Ike Yunia Pasa, Dewi Chirzah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.