Perancangan Modul Praktikum Fluida Berbasis Website Guna Pada Kegiatan Praktikum IPA Guna Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi praktikum fluida dengan pembuatan modul berbasis website guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Enam puluh mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA menjadi sampel dalam penelitian ini, dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode pengambilan sampel yang bersifat non-probabilitas, dengan menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Nilai ttabel untuk skor motivasi belajar pada ttest adalah 2.04841, sedangkan thitung adalah 45.612. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa nilai ttabel lebih kecil dari thitung, yang mengarah pada penolakan Ho. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh kegiatan praktikum fleksibel yang menggunakan modul berbasis website.
Downloads
Copyright (c) 2025 Wahyuni Fajar Arum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




