Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri dan Prestasi Hasil Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh prestasi belajar kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa, (2) Mengetahui pengaruh prestasi praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja siswa, dan (3) Mengetahui pengaruh keduanya secara simultan terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto karena variabel yang diteliti telah terjadi sebelum penelitian dilaksanakan, tanpa adanya perlakuan atau manipulasi terhadap variabel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Prestasi Belajar Kejuruan (X1) dan Prestasi Praktik Kerja Industri (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah Kesiapan Kerja Siswa (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TKR SMK PN 2 Purworejo sebanyak 30 siswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling jenis proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dan kuesioner, dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar kejuruan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa pada taraf signifikansi 100 persen; (2) Prestasi praktik kerja industri juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan taraf signifikansi 70 persen; dan (3) Secara simultan, kedua variabel tersebut memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan taraf signifikansi 90 persen. Temuan ini menunjukkan pentingnya peningkatan prestasi akademik dan pengalaman praktik dalam mempersiapkan siswa menghadapi dunia kerja.
Copyright (c) 2024 Akmaludin Aji Prasetyo, Suyitno Suyitno, Dwi Jatmoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.