https://jurnal.umpwr.ac.id/jpse/issue/feed Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) 2025-06-14T11:53:50+07:00 Riawan Yudi riawanyudi@umpwr.ac.id Open Journal Systems <pre>Abbreviation :JPSE<br>DOI Prefix :https://doi.org/10.37729/jpse <br>ISSN :<a href="http://u.lipi.go.id/1450760082">2477-829X</a>(p), <a title="e-ISSN" href="http://u.lipi.go.id/1476710393">2541-4070</a>(e)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :Twice a year (June and December)<br>Editor in Chief :Sriyono<br>Managing Editor :Riawan Yudi Purwoko<br>Indexing :<a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/detail?id=7897">Click&nbsp;here</a><br>Focus &amp; Scope :<a href="http://ejournal.umpwr.ac.id/index._php/surya/about/editorialPolicies#focusAndScope">Click here</a></pre> https://jurnal.umpwr.ac.id/jpse/article/view/5976 Implementation of Reciprocal Teaching Strategy for reading comprehension skills of XII students 2025-05-31T03:25:23+07:00 Alvinisha Arofah Kurochman alvinisha.arofah@gmail.com Fitri Endah Pangestuti fitriendahp1@gmail.com Semi Sukarni semisukarni@umpwr.ac.id Heru Purwanto purwantoheru09@gmail.com <p>This study explores the implementation of the Reciprocal Teaching Strategy to enhance students' reading comprehension skills in Hortatory Exposition texts. Conducted as a Classroom Action Research (CAR) over two cycles in Class XII-7 at SMA Negeri 5 Purworejo during the 2023/2024 academic year, the study involved 35 students (25 females and 10 males). Data were collected through pre-tests, post-tests, observations, and documentation, analyzed using simple descriptive quantitative methods, and presented in table and chart. The findings reveal a significant improvement in reading comprehension, with average scores increasing from 63 (Cycle I) to 81 (Cycle II). This growth highlights the effectiveness of the Reciprocal Teaching Strategy, particularly when supported by interactive instructional media such as videos. The strategy's integration of predicting, questioning, clarifying, and summarizing fosters critical thinking and active student engagement, addressing challenges in understanding both explicit and implicit textual information. These results underscore the strategy’s potential for advancing reading comprehension and its applicability in 21st-century learning contexts.</p> 2025-05-31T03:24:27+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/jpse/article/view/6479 Pembelajaran mendalam berorientasi pada peningkatan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar 2025-05-31T13:19:40+07:00 Riawan Yudi Purwoko riawanyudi@umpwr.ac.id <p>Kemampuan numerasi merupakan keterampilan fundamental yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi indikator penting dalam sistem pendidikan. Namun, data menunjukkan bahwa banyak siswa sekolah dasar di Indonesia belum mencapai tingkat kecakapan numerasi yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang mampu menumbuhkan pemahaman konseptual dan keterampilan aplikatif secara menyeluruh. Pembelajaran mendalam <em>(Deep Learning) </em>menjadi strategi yang menjanjikan dalam meningkatkan kemampuan numerasi karena menekankan pada pemahaman bermakna, hubungan antar konsep, dan penerapan kontekstual. Kajian pustaka ini bertujuan untuk mengkaji dan mendesain alur pendekatan pembelajaran mendalam dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Melalui analisis literatur dari berbagai studi empiris, diperoleh rancangan atau desain pendekatan pembelajaran yang berpotensi untuk dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman konsep matematika, dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kajian ini diharapkan menjadi acuan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran numerasi yang lebih efektif.</p> 2025-05-31T13:19:38+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/jpse/article/view/5330 Penerapan literasi digital melalui media Wordwall dalam pembelajaran IPAS kelas IV 2025-06-03T01:01:31+07:00 Nova Indah Puspitasari novaindah931@gmail.com Widya Kusuma Ningsih widyakusumaningsih@upgris.ac.id <p>Sebagai seorang guru perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran apalagi di era teknologi yang semakin berkembang pesat. Guru dapat memanfaatkan teknologi yang semakin bervariasi dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif. seorang pendidik perlu menyiapkan potensi kreativitas,kemampuan dan keahlian dalam beradaptasi dengan teknologi baru yang digunakan pada proses pembelajaran. Selain itu sebagai seorang pendidik sangatlah penting untuk menyiapkan pendidikan yang dapat menciptakan generasi yang kreatif,inovatif serta kompetitif di era kemajuan teknologi. Salah satu permasalahan yang umum terjadi di Sekolah dasar yaitu Permasalahan pertama yaitu siswa sering merasa bosan saat proses pembelajaran berlangsung, sehingga siswa kurang tertarik saat proses &nbsp;pembelajaran dan mengakbitkan pembelajaran tidak maksimal. &nbsp;Metode yang digunakan pada penilitain ini adalah kualitatif deskriptif, metode kualitatif deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan analisis penerapan Literasi digital melalui media wordwaal dalam pembelajaran IPAS kelas 4. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan kuisioner. Data kualitatif diperoleh melalui survei dengan&nbsp; menyebar kuesioner kepada peserta&nbsp; didik sebagai&nbsp; sebagai objek&nbsp; pembelajaran dan dimaksudkan&nbsp; untuk&nbsp; menguatkan&nbsp; hasil&nbsp; penelitian&nbsp; menegnai penerapan literasi digital melalui media wordwall dalam pembelajaran ipas kelas 4. Hasil analisis data menayatakan bahwa terdapat pengaruh besar terhadap literasi digital peserta didik pada pembelajaran IPAS. Media ini berpengaruh terhadap proses pembelajaran siswa, 93% menyatakan bahwa media aplikasi wordwall berpangruh pada tingkat ketketertarikan siswa dalam menggunakan media ini, sisanya 7% adalah siswa yang masih belum memahami cara menggunakan aplikasi tersebut. Penggunaan media pembelajaran wordwall merupakan alternative yang mampu diterapkan untuk meningkatkan literasi digital peserta didik, selain ini dengan aplikasi wordwall ini pembelajaran yang dilakukan tidak monoton dan membosankan bagi siswa.</p> 2025-06-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE) https://jurnal.umpwr.ac.id/jpse/article/view/5356 Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap capaian numerasi siswa kelas VB SDN Bendungan 2025-06-14T11:53:50+07:00 Sulistyowati tyowatisulis636@gmail.com Ngurah Ayu Nyoman Murniati tyowatisulis636@gmail.com Anysatul Chayati tyowatisulis636@gmail.com Muhammad Saipul Hayat tyowatisulis636@gmail.com <p>Latar belakang penelitian ini banyaknya siswa yang memperoleh nilai dibawah dari KKTP yang telah ditetapkan sekolah, terutama pada pelajaran matematika. Ini menyatakan banyak yang mendapat hasil belajar kurang maksimal sehingga capaian numerasinya juga tidak maksimal. Guru juga tidak maksimal menerapkan metode pembelajaran dan masih cenderung menerapkan model konvensional. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL pada capaian numerasi siswa kelas VB SDN Bendungan Semarang serta melihat perbedaan rata-rata nilai siswa kelas VB SDN Bendungan Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan desain <em>Pre-Experimental Designs</em> dengan bentuk<em> One Grup Pretest-Posttest Design</em>. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VB SDN Bendungan Semarang sebanyak 28. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan uji normalitas awal dan akhir, uji beda rata-rata, uji ketuntasan hasil belajar secara klasikal, uji <em>Paired Sample Test</em>. Pada uji beda rata-rata dengan taraf signifikan 5%, perbedaan rata-rata nilai yang diperoleh setelah menerapkan model PBL lebih besar dari nilai sebelum menerapkan model tersebut.</p> 2025-06-14T11:52:36+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)