Surya Edunomics
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics
<pre>Title :<strong>Surya Edunomics</strong><br>Abbreviation :suryaedunomics<br>DOI Prefix :10.37729/suryaedunomics<br>ISSN :2615-4005(e) 2615-403X (p)<br>Type of review :Single Blind<br>Frequency :Twice a year (May and November)<br>Editor in Chief :Cahyana Nursidiq<br>Managing Editor :Cahyo Apri S.<br>Indexing :Click here<br>Focus & Scope :Click here</pre>en-USsuryaedunomics@umpwr.ac.id (Cahyana Nursidiq)Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700OJS 3.1.2.2http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6469
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 94 mahasiswa dan sampelnya 77 responden. Pengambilan sampel menggunakan rumus <em>Slovin</em> dan pengambilan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan untuk menguji data yang telah terkumpul kemudian akan diolah dalam bentuk analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari analisis data diperoleh hasil: lingkungan keluarga dalam kategori cukup (32.9%), efikasi diri rata-rata dalam kategori cukup (35%), dan prestasi belajar siswa dalam kategori kuat (65.6%). Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru (r= 0,329, t=3.002, Sig= 0,004). Ada pengaruh positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap minat menjadi guru (r= 0.350, t=3216, Sig= 0,002). Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan efikasi diri secara bersama-sama dengan minat menjadi guru (R= 0.656, F= 27,901, Sig= 0.00).</p> <p> </p>Risma Rizqi Nugraheni, Cahyo Apri Setiaji, Sugeng Eko Putro Widoyoko
Copyright (c) 2025
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6469Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700Pengaruh Perpaduan Metode Ceramah Dan Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6470
<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Purworejo melalui perpaduan metode pembelajaran ceramah dan metode pembelajaran <em>Two Stay Two Stray</em>. Penelitian tindakan kelas ini subjeknya siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Purworejo dan peneliti bertindak sebagai guru dengan melakukan pembelajaran 2 siklus, tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yaitu tes dan analisis dokumen. Hasil belajar siswa pada pra siklus menunjukan bahwa 33 siswa tidak memenuhi KKTP. siklus I menunjukan bahwa 19 siswa memenuhi KKTP dan 15 siswa tidak memenuhi KKTP, pada siklus I memperoleh rata-rata skor 75,74. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat dengan menunjukan 32 siswa memenuhi KKTP dan memperoleh rata-rata 81,53, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa perpaduan metode pembelajaran ceramah dan metode pembelajaran kooperatif <em>Two Stay Two Stray</em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3 SMA Negeri 10 Purworejo.</p>Rahul Ardi Sanjaya, Anita Rinawati, Sugeng Eko Putro Widoyoko
Copyright (c) 2025
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6470Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700Evaluasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6471
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi kelas XI SMA Negeri 5 Purworejo. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Evaluasi menggunakan metode CIPP (<em>context, input, process, product</em>). Populasi berjumlah 250 siswa dan 7 fasilitator. Sampel berjumlah 161 terdiri dari 154 siswa dan 7 fasilitator, ditentukan dengan rumus Slovin yang tingkat kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil evaluasi variabel <em>context </em>sebesar 3,83 klasifikasi “Sangat Setuju”, variabel <em>input </em>sebesar 3,27 klasifikasi “Sangat Setuju”, variabel <em>process </em>sebesar 3,16 klasifikasi “Setuju”, dan variabel <em>product </em>sebesar 4,00 klasifikasi “Sangat Setuju” menggunakan hasil nilai rapor P5 sebesar 4,00 klasifikasi “Sangat Berkembang”. Berdasarkan hasil tersebut, maka kegiatan P5 SMA Negeri 5 Purworejo dengan rerata total 3,57 klasifikasi “Sangat Setuju” dalam standar efektivitas diklasifikasikan menjadi “Sangat Efektif”.</p>Wulan Agustin, Lukman Fadhiliya, Sugeng Eko Putro Widoyoko
Copyright (c) 2025
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6471Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Responsivitas Pada Keluhan Terhadap Kepuasan
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6472
<p>Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan responsivitas pada keluhan terhadap kepuasan nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Purworejo, baik secara mandiri maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64.009 orang dengan jumlah sampel yang dibutuhkan sebanyak 382 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis deskripsi dan analisis regresi linear berganda menjadi dasar untuk menyimpulkan hasil dari penelitian ini. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah BRI Unit Purworejo, dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan t<sub>hitung</sub> 6,138 (> t<sub>tabel</sub> 1,966). (2) Responsivitas terhadap keluhan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan t<sub>hitung</sub> 6,455 (> t<sub>tabel</sub> 1,966). (3) Secara simultan, kualitas pelayanan dan responsivitas terhadap keluhan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan kontribusi 79,4% (R² = 0,794), sementara 20,6% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.</p>Nita Riyanti, Lukman Fadhiliya, Anita Rinawati
Copyright (c) 2025
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6472Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6473
<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe <em>jigsaw</em>. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes. Data yang diperoleh adalah nilai sebagai data primer. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif yang dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>jigsaw </em>dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun. Pada Pra Siklus diperoleh rata-rata sebesar 68,3 dengan presentase ketercapaian 27,7%. Pada Siklus I diperoleh rata-rata sebesar 72,3 dengan presentase ketercapaian 61,1%. Pada Siklus II diperoleh rata-rata sebesar 84,0 dengan presentase ketercapaian 91,6%. Terjadi peningkatan pada setiap siklus, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe <em>jigsaw </em>dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI-7 SMA Negeri 1 Prembun.</p>Hikmah Nur Cahyah, Cahyo Apri Setiaji, Lukman Fadhiliya
Copyright (c) 2025
http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
https://jurnal.umpwr.ac.id/suryaedunomics/article/view/6473Sat, 31 May 2025 00:00:00 +0700