Identifikasi Konsep Dinamika Fluida pada Aliran Dam Sawah Menggunakan Metode Apung (Floating Method)
Abstract
Aliran dam sawah identik dengan materi dinamika fluida, yaitu mempelajari tentang fluida dalam kondisi mengalir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep dinamika fluida pada aliran dam sawah daerah Cluring kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Langkah penelitian ini diawali dengan pengumpulan data primer hasil dari pengamatan langsung di lapangan, selanjutnya melakukan perhitungan matematis menggunakan persamaan kontinuitas untuk memperoleh data sekunder berupa kecepatan dan debit aliran dam sawah. Metode yang digunakan untuk mengukur kecepatan dan debit aliran dam sawah menggunakan metode apung. Hasil identifikasi konsep dinamika fluida pada penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara luas penampang terhadap kecepatan aliran air dam sawah berbanding terbalik. Semakin besar nilai luas penampang, kecepatan aliran yang dihasilkan akan semakin kecil, demikian juga sebaliknya. Perbandingan debit aliran air dam sawah berdasarkan waktu pengukurannya memiliki perubahan nilai yang signifikan, sedangkan perbandingan debit aliran air dam sawah berdasarkan pada jenis penampangnya memiliki perubahan nilai yang relatif konstan. Hasil identifikasi konsep dinamika fluida pada aliran dam sawah tersebut sesuai dengan rumus dan teori persamaan kontinuitas
Downloads
References
A. P. Kurniawan, M. B. Wibowo, and D. O. Radianto, “Penerapan Video Based Learning dalam Mata Kuliah Fisika Terapan,” vol. 4, no. 1, pp. 5–7, 2019.
Riskawati, M. Ali, and Kamaluddin, “Pengaruh Pendekatan Keterampilan Proses Sains Terhadap Pemahaman Konsep Fisika,” vol. 9, no. April, pp. 77–82, 2021.
E. D. Nasihah, S. Supeno, and A. D. Lesmono, “Pengaruh Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa Sma,” J. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 1, pp. 44–57, 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i1.1899.
W. S. Virani, S. Supeno, and B. Supriadi, “Kajian Kinematika Gerak pada Jalur Lokasi Kecelakaan Berisiko Tinggi (Blackspot) Sebagai Sumber Belajar Fisika di SMA,” J. Ris. dan Kaji. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 1, pp. 22–29, 2018.
R. J. Kodoatie, Rekayasa dan Manajemen Banjir Kota. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2013.
R. Harahap, K. Jeumpa, and E. Silitonga, Drainase Pemukiman: Prinsip Dasar & Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
D. Lestari, A. D. Lesmono, and M. Maryani, “Identifikasi Besaran Fisis Fluida Pada Aliran Irigasi Jenggawah Jember Sebagai Penguatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa,” J. Pembelajaran Fis., pp. 40–46, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/11136.
R. H. Rifani, H. Irmansyah, H. Rusnayati, and A. F. C. Wijaya, “Profil Hambatan Belajar Epistimologis Siswa Pada Materi Persamaan Kontinuitas Kelas XI SMA Melalui Tes Kemampuan Responden,” vol. VI, pp. 23–30, 2017, doi: 10.21009/03.snf2017.01.oer.05.
J. Jufrida, F. R. Basuki, and A. Destinanda, “Analisis Dan Integrasi Kearifan Local Lubuk Larangan Tantang Sakti Dalam Pembelajaran Sains,” EduFisika, vol. 5, no. 01, pp. 32–38, 2020, doi: 10.22437/edufisika.v5i01.9583.
I. Setiawan and Y. Purwanto, “Perbandingan Pengukuran Debit Sungai Dengan Metode Pelampung dan Current Mater,” Pros. Has. Penelit. dan Kegiat., pp. 67–74, 2018.
M. M. Das, Fluid Mechanics And Turbomachines. Delhi: PHI Learning, 2008.
N. F. Andini, “Pengukuran Debit Dan Sedimentasi Das Batang Lembang Bagian Tengah Kenagarian Selayo Kabupaten Solok,” J. Kepemimp. dan Pengur. Sekol., vol. 2, no. 2, pp. 133–140, 2017, [Online]. Available: http://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp/article/view/141.
T. Marhendi, “Studi Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Di Sungai Brukah (Kali Bening, Banjarnegara),” Techno (Jurnal Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Purwokerto), vol. 20, no. 1, pp. 10–16, 2019, doi: 10.30595/techno.v20i1.3619.
Badaruddin, Panduan Praktikum Debit Air. Banjarbaru: Universitas Lambung Mangkurat, 2017.
L. Dewi and D. Dwikoranto, “Analisis Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika dengan Metoda Library Research,” PENDIPA J. Sci. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 237–243, 2021, doi: 10.33369/pendipa.5.2.237-243.
M. Selvia, M. Arifuddin, and A. I. Mahardika, “Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Topik Fluida Berorientasi Masalah Lahan Basah Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL),” Berk. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, pp. 213–222, 2017, doi: 10.20527/bipf.v5i2.2896.
E. Hanapi, Hariyono, and S. Utaya, “Pemanfaatan Objek Wisata Sebagai Sumber Pembelajaran Kontekstual,” Pros. Semin. Nas. Mhs. Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud 2016, vol. 21, pp. 28–35, 2017.
A. I. Wahyuni, B. Astuti, and D. Yulianti, “Bahan Ajar Fisika Berbasis I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Karakter,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 6, no. 3, pp. 17–25, 2017, doi: 10.15294/upej.v6i3.19309.
D. F. Aini, S. H. B. Prastowo, and S. Astutik, “Kajian Dinamika Fluida Pada Aliran Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso Sebagai Rancang Handout Fisika,” Semin. Nas. Pendidik. Fis. 2018, vol. 3, no., pp. 56–62, 2018.
Suhendra, Konsep Dasar dan Aplikasi Mekanika Fluida Bidang Teknik Mesin, 1st ed. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019.
H. D. Young and R. A. Freedman, Fisika Universitas, 10th ed. Jakarta: Erlangga, 2002.
D. C. Giancoli, Fisika, 7th ed. Jakarta: Erlangga, 2014.
E. Andriana, T. P. Alamsyah, and I. Tambun, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Kontekstual Materi Peristiwa Alam Beserta Mitigasi Bencana,” Refleks. Edukatika J. Ilm. Kependidikan, vol. 10, no. 2, pp. 163–171, 2020, doi: 10.24176/re.v10i2.4421.
S. N. Indahsari, Supeno, and Maryani, “Student worksheet based on inquiry with vee map to improve students’ scientific reasoning ability in physics learning in senior high school,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1465, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1465/1/012036.
Copyright (c) 2021 Anna Ika Putri Kurniawan, Supeno Supeno, Singgih Bektiarso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.