PENGARUH DISIPLIN DIRI DAN PENGUASAAN TEORI DASAR ALAT UKUR TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR TEKNIK OTOMOTIF PADA KELAS X TSM SMK NEGERI 4 MEDAN T.A 2024/2025

  • Riski Elpari Siregar Universitas Negeri Medan
  • Benget Siahaan Universitas Negeri Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin diri dan penguasaan teori alat ukur terhadap hasil belajar dasar-dasar teknik otomotif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang di gunakan merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 96 siswa kelas X Teknik Sepeda Motor.

Data diperoleh melalui instrumen angket untuk  disiplin diri serta tes untuk penguasaa teori dasar alat ukur dan hasil belajar dasar-dasar teknik otomotif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh antara disiplin diri terhadap hasil belajar dasar-dasar teknik otomotif hal ini dapat ditunjukkan  dari nilai t hitung lebh besar dari nilai t tabel (51,254 > 1,986) dan nilai signifikasi lebih  kecil dari 0,05 yaitu 0,000.; (2) terdapat pengaruh penguasaan teori dasar alat ukur terhadap hasil belajar dasar-dasar teknik otomotif. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (32,775 > 1,986) dan nilai signifikasi lebih  kecil dari 0,05 yaitu 0,000.; dan (3) terdapat pengaruh disiplin diri dan penguasaan teori dasar alat ukur terhadap hasil belajar dasar-dasar teknik otomotif. Hal ini di tunjukkan dari nilai F hitung lebih besar dari F tabel (1419,652 > 3,09) dan nilai signifikasi lebih  kecil dari 0,05 yaitu 0,000.

References

Anam, K & Primartadi, A. (2024). PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ALAT UKUR SISWA KELAS X TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SMK PN 2 PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 19(02), 71-78.

Daryanto, & Darmawan, C. W. (2021). Alat Ukur Dan Teknik Pengukuran. Gava Media.

Ghofarul, M & Jatmoko, D. (2024). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 19(02), 84-91.

Gunawan, S.A. et al. (2022). PENGARUH SARANA PRASARANA BENGKEL DAN PENGUASAAN ALAT UKUR TERHADAP HASIL PRAKTIK SISWA PADA PENGUKURAN KANVAS KOPLING KELAS XI TKRO SMK NEGERI 1 RANDUDONGKAL. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 4(1), 77-86.

Istarani, & Intan, P. (2023). Ensiklopedi Pendidikan Jilid 1 (A. Sembiring & M. Ridwan (eds.)). Media Persada.
Lubis, S. A. (2023). Sawab Dan Iqab Untuk Peningkatan Kedisiplinan Siswa Di Pondok Pesantren Modern. Scopindo Media Pustaka.

Mulyasa, H. . (2018). Manajemen Pendidikan Karakter (D. Ispurwati (ed.)). PT Bumi Aksara.

Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Nilai Karakter : Refleksi Untuk Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.
Nana. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Nunuk, S., & Agung, L. (2012). Strategi Belajar-Mengajar. Penerbit Ombak

Nurgiyantoro. (2001). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. BPFE.

Ponto, H. (2016). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Kejuruan. CV Budi Utama.

Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sudjana. (2015). Metoda statistika. PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Supardi. (2019). Statistika Penelitian Pendidikan : Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran, dan Penarikan Kesimpulan. Rajawali Pers.
Published
2025-06-19
How to Cite
Elpari Siregar, R., & Siahaan, B. (2025). PENGARUH DISIPLIN DIRI DAN PENGUASAAN TEORI DASAR ALAT UKUR TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR TEKNIK OTOMOTIF PADA KELAS X TSM SMK NEGERI 4 MEDAN T.A 2024/2025. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 20(02), 127-139. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/autotech/article/view/6577