Pendampingan Sistem Konsultasi Terprogram Pembelajaran Tematik di Era Pandemi pada Kelompok Kerja Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah se Kabupaten Purworejo
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sistem konsultasi terprogram pembelajaran tematik di era pandemi pada Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar kelas IV Muhammadiyah seKabupaten Purworejo. Strategi yang diterapkan pada sistem konsultasi terprogram pada pembelajaran tematik di era pandemi meliputi dua faktor yaitu faktor internal berupa peran orang tua dan faktor eksternal yaitu peran guru dalam mendidik peserta didik agar mereka tetap belajar di rumah secara mandiri. Pada peran orang tua dapat diterapkan langkah sebagai berikut; 1) menjadi role model bagi anak, 2) menciptakan atmosfer yang mendukung anak untuk belajar di rumah 3) memotivasi serta memfasilitasi kebutuhan belajar anak, 4) mengevaluasi hasil belajar anak, 5) membiasakan kegiatan belajar anak secara rutin selama 66 hari. Sedangkan peran guru dapat menekankan pada pendidikan kritis yang dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut; 1) clarifying concept, 2) constructing argument, 3) analyzing, 4) criticizing concept, 5) dare to be different.
Downloads
Copyright (c) 2021 Muflikhul Khaq, Yuli Widiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.