Digital Creative Promotion Melalui Pembuatan Video Pendek Sebagai Strategi Promosi Kampung Sejarah “Kayutangan Heritage” Kota Malang

  • Hasna Bararah Mufidah Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Rohmatin Alfianistiawati Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Pramana Herjati Putra Dionchi Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Megasari Noer Fatanti Universitas Negeri Malang, Indonesia
Keywords: Kampung sejarah, Kayutangan Heritage, Promosi digital, Digital branding

Abstract

Kampung Heritage Kayutangan (KHK) ditetapkan sebagai Kampung Wisata oleh Walikota Malang, sejak tahun 2018, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Malang. Berdasarkan observasi lapang, tim pengabdian mendokumentasikan beberapa spot atraksi seperti bangunan bercorak art deco, kuburan tandak, pasar krempyeng, galeri barang-barang antik, pameran foto-foto tempo dulu yang menjadi daya tarik dari KHK. Tercatat sudah ribuan pengunjung baik domestik maupun mancanegara yang datang untuk menikmati suasana tempo dulu dengan berswafoto di beberapa spot di KHK. Namun, banyaknya jumlah wisatawan tidak diimbangi dengan pemeliharaan citra pariwisata yang autentik. Kondisi tersebut semakin terasa ketika pandemi Covid-19 melanda sejak 2020 yang mana jumlah wisatawan menurun drastis ditambah dengan rendahnya kesadaran warga lokal merawat spot wisata di KHK. Tujuan kegiatan pengabdian ini yaitu merevitalisasi brand KHK berbasis AISAS melalui pembuatan konten digital berupa vieo pendek bekerjasama dengan Pokdarwis Kampung Kayutangan sebagai mitra pengabdian. Metode pelaksanaan kegiatan berupa pembuatan video yang memuat tutur sejarah dari warga lokal sebagai salah satu strategi dalam menguatkan tourism destination, terutama konsep wisata sejarah dan tayangan beberapa spot unggulan di KHK. Video pendek The History of Kayutangan Heritage kemudian diunggah melalui YouTube dan media sosial dengan target capaian dari video ini yaitu mempromosikan kembali KHK sebagai destinasi wisata yang tidak hanya kekinian, namun juga memiliki nilai historis terkait perubahan sosial di Kota Malang. Selain itu, video pendek ini juga dapat digunakan sebagai sarana promosi wisata sejarah di Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-29
How to Cite
Mufidah, H. B., Alfianistiawati, R., Dionchi, P. H. P., & Fatanti, M. N. (2022). Digital Creative Promotion Melalui Pembuatan Video Pendek Sebagai Strategi Promosi Kampung Sejarah “Kayutangan Heritage” Kota Malang. Surya Abdimas, 6(2), 311-323. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i2.1686
Section
Articles