Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Bagi Guru Ekonomi Se-Kabupaten Kebumen dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar

  • Kardiyem Kardiyem Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Partono Thomas Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Ahmad Jaenuddin Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Abdul Khafidz Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Celine Amita Ramadhani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Rahayu Lestari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Siti Mukoyimah Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran, Blended Learning, Merdeka Belajar

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 menjadi dasar kebijakan sekolah daring yang mengakibatkan kurangnya interaksi dalam pembelajaran, sehingga penyerapan pengetahuan dan keterampilan siswa tidak optimal.  Blended learning adalah pembelajaran yang memadukan teknologi di dalam dan di luar kelas yang memuat tentang e-learning. Dalam proses pembelajaran blended learning ini diperlukan media pembelajaran berbasis AI dan IoT sebagai implementasi teknologi era industri 4.0 untuk menyukseskan merdeka belajar. Namun faktanya, berdasarkan wawancara dengan Guru Ekonomi SMA se-kabupaten Kebumen pada tangal 5 Februari 2021, mayoritas guru masih menggunakan media pembelajaran berupa Whatshaap dan email yang kurang interaktif dan menarik. Diperlukan pelatihan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran berbasis AI dan IoT dalam proses pembelajaran, mencakup seminar, praktek, diskusi, presentasi, dan refleksi. Hasil pelatihan berupa pengetahuan dan keterampilan peserta tentang materi pelatihan. Materi pelatihan meliputi pengetahuan dan praktek implementasi pembuatan media pembelajaran blended learning. Konsep yang diberikan meliputi penilaian hasil belajar, penilaian untuk belajar, dan penilaian sebagai kegiatan belajar. Rencana kegiatan terdiri dari (1) koordinasi dengan Ketua MGMP Ekonomi SMA se-kabupaten Kebumen, (2) koordinasi seluruh tim pengabdian kepada masyarakat, (3) koordinasi dengan Ketua MGMP Ekonomi SMA se-kabupaten Kebumen, 4) pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP Ekonomi SMA se-kabupaten Kebumen, (5) evaluasi kegiatan pengabdian.  Pengabdian ini  berperan penting meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru ekonomi Kabupaten Kebumen dalam pembuatan media pembelajaran kreatif, inovatif dan menyenangkan berbasis AI dan IoT yang berbeda dengan media pembelajaran yang sudah ada terdahulu, sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di era new normal dan mendukung program merdeka belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-29
How to Cite
Kardiyem, K., Thomas , P., Jaenuddin , A., Khafidz, A., Ramadhani, C. A., Lestari, R., & Mukoyimah, S. (2022). Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Bagi Guru Ekonomi Se-Kabupaten Kebumen dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar . Surya Abdimas, 6(3), 489-499. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.1797
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)