Pendampingan Akreditasi Pos PAUD Al-Hayyu Desa Banjar Bendo Kecamatan Sidoarjo

  • Septi Budi Sartika Univeristas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Nova Firda Alsya Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
Keywords: Pendampingan, Akreditasi, Pos PAUD

Abstract

Akreditasi lembaga merupakan kegiatan untuk menjaga mutu lembaga itu sendiri, apakah telah sesuai dengan standar nasional atau belum. Bukanlah perkara mudah untuk mempersiapkan akreditasi lembaga. Pos PAUD merupakan lembaga PAUD non-formal yang dikelola oleh desa. Kebanyakan Pos PAUD belum terakreditasi, tentu hal ini disebabkan oleh beberapa faktor dan juga mengakibatkan beberapa faktor lainnya. Pendampingan akreditasi untuk lembaga mutlak diperlukan dalam rangka menyiapkan dokumen pendukungnya. Metode kegiatan meliputi 3, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan. Kegiatan pendampingan ini meliputi 3, yaitu 1) seminar tips sukses menyiapkan akreditasi PAUD, 2) penelusuran dokumen pendukung, dan 3) pengadministrasian dokumen pendukung 8 standar akreditasi. Hasil kegiatan pendampingan sebagai berikut: 1) Pos PAUD Al-Hayyu telah mengetahui persiapan akreditasi melalui seminar yang telah dilakukan, 2) Pos PAUD Al-Hayyu telah didampingi dalam menelusuri dokumen lampau untuk mendukung akreditasi, dan 3) Pos PAUD Al-Hayyu telah mempunyai arsip 8 standar akreditasi di google drive, sewaktu-waktu apabila persyaratan akreditasi telah terpenuhi maka dapat segera melakukan pengusulan akreditasi kepada BAN PAUD & PNF Provinsi Jawa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M. F., Jaya, F. H., & Duwikola, R. (2020, November). Pendampingan Persiapan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Non Formal Pada Taman Kanak-Kakak Tunas Cedikia Gedong Tataan Pesawaran Lampung. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 467-474).
Damanik, J. (2017). Keterkaitan standar pelayanan minimal (spm) dengan standar nasional pendidikan (snp). Jurnal dinamika pendidikan, 10(2), 180-203.
Damayanti, E. (2019). Konsep dasar butir instrumen penilaian akreditasi pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 134-138.
Daryati, M. E. (2021). Bimbingan Teknologi Instrumen Penilaian Prasyarat Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini. Abdi Reksa, 2(2), 60-71.
Fibriani, F. (2019). Pusat Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Malang Dengan Tema Arsitektur Perilaku (Doctoral dissertation, ITN Malang).
Ismaya, I., Sulaiman, F., Firdiani, D., AB, U. D. M., & Elihami, E. (2021). Pembinaan Lembaga PAUD menuju lembaga Terakreditasi di Kabupaten Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(2), 1-9.
Khasanah, I., Prasetyo, A., & Rakhmawati, E. (2011). Permainan tradisional sebagai media stimulasi aspek perkembangan anak usia dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Kurniawan, E., Ashari, A., & Maftukhin, A. (2021). Fun Science Project: Pendampingan Rancang Bangun Roket Air untuk Peserta Didik Tingkat SMA di Ponpes Modern Zam Zam Muhammadiyah Cilongok. Community Empowerment, 6(2), 230-237. https://doi.org/10.31603/ce.4407
Makleat, N., Simbolon, G., Thomas, E. B., Selly, F. K., & Neonufa, S. (2021). Pendampingan Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 83-87.
Najamuddin, N., Sahrip, S., & Latif, A. (2022). Pendampingan Akreditasi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gugus Himpaudi Kecamatan Montong Gading Lombok Timur. Jurnal Abdidas, 3(1), 181-190.
Nuryanto, S., & Irmade, O. (2019). Pendampingan Akreditasi Lembaga PAUD dI IGTKI Wonosegoro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidikan (JPM-IKP), 2(02), 86-93.
Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 3.
Wibawanti, J. M. W., Mudawaroch, R. E., & Pamungkas, S. (2020). Inovasi Pengolahan Produk Turunan Madu Lebah Klanceng Menjadi Bee Polen Kapsul Sebagai Sumber Antioksidan di Desa Jelok Kecamatan Kaligesing, Purworejo . Surya Abdimas, 4(1), 19-24. https://doi.org/10.37729/abdimas.v4i1.471
Zoghara, D. A., Mandala, S., Syukur, A., & Selly, F. K. (2021). Pendampingan Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Nekamese. Kelimutu Journal of Community Service, 1(1), 56-60.
Published
2022-10-28
How to Cite
Sartika, S. B., & Alsya, N. F. (2022). Pendampingan Akreditasi Pos PAUD Al-Hayyu Desa Banjar Bendo Kecamatan Sidoarjo. Surya Abdimas, 6(4), 612-619. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i4.1847
Section
Articles