Penguatan Kapasitas Kelompok Wanita Tani dan Ibu – Ibu PKK Dalam Penggunaan Digital Marketing
Abstract
Kegiatan penjualan ibu - ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT) saat ini hanya berada di sekitar kawasan desa Rajaiyang dan mengandalkan media interaksi dengan konsumen (pelanggan) secara langsung. Jumlah pesaing yang semakin meningkat dengan banyaknya inovasi dan penawaran promo yang menarik akan menyebabkan pihak KWT sulit menjaga performansi dan kinerja dengan tingkat profitabilitasnya. Pelanggan seringkali sulit untuk mengakses berbagai informasi tentang produk yang dimiliki atau produk terbaru, serta informasi harga terbaru. Tim pengabdian kepada masyarakat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta melaksanakan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan kelompok wanita Tani dalam bidang penguasaan teknologi informatika (TIK) dan penjualan secara daring melalui marketplace. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan pada 26 - 28 Juli tahun 2022 bertujuan untuk melakukan kegiatan pengenalan dan pelatihan digital marketing dalam membangun bisnis berbasis online. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini, memberikan materi pelatihan, melatih perserta dan mempraktikan secara langsung untuk dapat melakukan penjualan produk melalui marketplace. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini berjumlah 15 ibu - ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani di Desa Rajaiyang. Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat ini melatih peserta untuk mengenal bisnis dan memasarkan produk secara daring. Pelatihan digital marketing dibagi menjadi tiga bagian yaitu pemberian materi mengenai digital marketing, mempraktikkan secara langsung pembuatan akun toko di marketplace serta pengaturan toko online di marketplace. Hasil pengabdian, ibu - ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani memiliki pengetahuan, wawasan dan memahami bisnis secara daring, serta peserta mampu membuat akun penjual di marketplace.
Downloads
References
Allen, J. P. (2019). Digital entrepreneurship. Routledge.
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131-136. http://jurnal.iaii.or.id/index.php/ RESTI/article/view/36/20
Baraba, R., Endah Pri Ariningsih., & Murhadi. (2022). Teknologi Informasi untuk Memperkuat Branding dan Positioning yang Beretika Bagi Calon Pelaku Usaha. Surya Abdimas, 6(3), 588 -595. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.1721
Caniago, I., & Hayati, K. (2019). Kewirausahaan Teknologi Digital: Potensi Pemberdayaan Pebisnis Milenial. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15444
Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital entrepreneurship untuk Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha. Abdimas Dewantara, 3(1), 38–45. https://doi.org/10.30738/ad.v3i1.4311
Ma’rifah, I., Rizqi, E. I., & Kustiningsih, N. (2022). Pengaruh Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Kreatif Pada Umkm D’elixir. Jurnal Revenue: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2), 349-356. DOI: https://doi.org/10.46306/rev.v2i2.78
Nurlistiani, R., & Purwati, N. (2022). Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Keterampilan Merajut Dan Pemanfaatan Media Sosial Serta Marketplace Untuk Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2377-2392.
Pratiwi, A. A. M. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 73-81. https://doi.org/10.24198/ jkk.v4i1.6179
Quintania, M., Anwar, R. N., Handayani, E. N., & Nova, F. (2020). Pelatihan Penjualan Online untuk Ibu-ibu PKK di Saung Singgah TPU Pondok Kopi, Jakarta Timur. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 7-22. http://dx.doi.org/10.24127/sss.v4i2.1314
Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137-142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534.g5248
Siregar, V. M. M. (2018). Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Produk. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 9(1), 15-21. https://doi.org/10.54892/jurnal tam.v9i1.594
Safitri, I. D. (2020). Peran marketplace dalam meningkatkan ekonomi umat: studi pada Ali Dien Marketplace Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya). http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45304
Widodo, Y., & Oktaviani, I. (2018). Marketing Communication Strategy Using Instagram to Increase The Selling Achievement. 175(Icase), 65–67. https://doi.org/10.2991/icase-18.2018.17
Yunas, N. S., Hakim, A. I., & Alisa, A. N. (2021). Penguatan Kapasitas Perempuan dan Generasi Muda Dalam Pengembangan Industri Kreatif Desa Melalui Komunitas Ruang Inovasi Kabupaten Jombang. Surya Abdimas. 6(3). https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i3.1772
Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 6(2), 43–48. https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476
Copyright (c) 2023 Henki Bayu Seta, Ruth Mariana Bunga Wadu, Theresiawati Theresiawati, I Wayan Widi Pradnyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.