Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat
Abstract
Bagi pelaku UMKM teknologi informasi dan internet menjadi sangat penting dalam mengenalkan dan memasarkan produk-produk secara nasional maupun global. Telah dilakukan kegiatan PkM untuk memberdayakan ekonomi masyarakat terutama pelaku UMKM dalam memasarkan produk penjualan UMKM melalui Digital Marketing. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu observasi dan sosialisasi. Sebagai mitra adalah seluruh pelaku UMKM se-kecamatan Pattallassang, kabupaten Gowa. Berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa pelaku UMKM belum sepenuhnya memahami cara memasarkan produk secara digital/ digital marketing. Kegiatan ini memberikan rekomendasi kepada seluruh pelaku UMKM se-kecamatan Pattallassang untuk memanfaatkan platform digital sebagai media memasarkan produk yang efektif dan efisien sehingga dapat membantu memberdayakan ekonomi masyarakat. Sosialisasi Digital Marketing ini memberikan pengetahuan kepada seluruh pelaku UMKM tentang strategi pemasaran bisnis/ usaha pelaku UMKM lebih diuntungkan karena adanya digital marketing yang penerapannya lebih praktis dan minim biaya, dan mengubah pola pemasaran yang semula menggunakan konvensional menjadi sistem digital. Adanya digital marketing memberikan manfaat bagi pemerintah dan penduduk setempat berupa menciptakan lapangan pekerjaan baru yang terbuka seluas-luasnya bagi generasi yang akan datang dan meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat.
Downloads
References
Arrizal, N. Z., & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila : Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, dan Inovasi Daerah, 2(1), 39–48. http://jurnal.madiunkab.go.id/ index.php/bp%0APemberdayaan
Bisnis, B., & Handaruwati, I. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online. Buletin Bisnis & Manajemen, Volume 03(01), 41–52. www.antaranews.com:
Betlehn, A., & Samosir, P. O. (2018). Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Merek Industri UMKM Di Indonesia. Law and Justice, 3(1), 1-11.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.
Edi Kurniawan, Nofriadi, D. M. (2021). Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 31–36.
Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154. https://doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162
Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452
Harahap, H. S., & Dewi, N. K. (2022). Edukasi Digital Marketing: Pembuatan Konten dan Caption Pada Instagram Bisnis Bagi Pelaku UMKM di FKRW Teluk Pucung, Bekasi. Surya Abdimas, 6(2), 277-285. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i2.1654
Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran dan Jalur Distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.175
Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050
Nalini, S. N. L. (2021). Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 662–669. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.278
Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro , Kecil , dan Menengah ( UMKM ). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17.
Sutinah, S., Suyanto, B., & Prasetyo, R. A. (2020). Pemberdayaan Pelaku Umkm Merespon Pergeseran Karateristik Konsumen di Era Digital. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1), 202. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i1.2020.202-207
Utami, N., & Sari, M. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Daya Saing UMKM Pada Toko Pkk Desa Simpang Tiga Kec. Sawit Seberang Kab. Langkat. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 11-18.
Yuli Rahmini Suci. (2008). Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.
Copyright (c) 2022 Marwah Yusuf, Nur Azizah Basmar, Muhammad Al-Syafar Baruch, Nur Afni Cahya Dwi Suci, Renny Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.