Strategi Peningkatan Produktivitas Usaha Krecek Salome Melalui Penerapan Good Manufacturing Practices dan Public Awareness

  • Ragil Tri Indrawati Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Eko Saputra Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Farika Tono Putri Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Wahyu Isti Nugroho Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Bayu Setyo Nugroho Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Rizkha Ajeng Rochmatika Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Alat bantu, Adonan, GMP, Pemasaran online, Public awareness, Ruang produksi

Abstract

Desa Ngadikerso yang terletak di kabupaten Wonosobo merupakan daerah dengan fokus pengembangan pada sektor pertanian terutama agroindustri berbasis potensi lokal. Salah satunya yaitu kerupuk krecek salome yang berbahan dasar singkong. Pengelolaan usaha krecek Salome yang dijalankan oleh bapak Misyanto dilakukan secara konvensional, baik dari aspek produksi maupun manajemen, sehingga, membuat produktifitas, kuantitas maupun kualitas produk yang dihasilkan kurang optimal. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah adalah untuk membantu mitra dalam mengatasi permasalahan pada aspek produksi, manajemen pemasaran serta manajemen mutu dan kesehatan khususnya kepada pelaku usaha krecek Salome melalui penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) dan Public Awareness sebagai strategi peningkatan produktivitas. Metode sosialisasi kegiatan, penerapan GMP, penerapan Public Awareness, monitoring, dan evaluasi kegiatan. Penerapan GMP meliputi penerapan teknologi alat bantu pencetak krecek, pembuatan ruang produksi, dan pengadaan peralatan produksi. Hasil program PIM ini meliputi: (1) penerapan teknologi tepat guna berupa 1unit mesin pemotong adonan dengan dimensi (900 x 700 x 1200) mm dan kapasitas 60 kg/jam yang dilengkapi dengan sistem penggerak motor listrik 0,75 hp, (2) tersedianya ruang produksi sesuai dengan standar GMP dan CPPBT-IRT dengan luas 18 m2, (3) terciptanya 2 media sosial dan 1 ecommerce yang terhubung secara terintegrasi sebagai sarana pemasaran online, (4) terciptanya branding product berupa logo dan kemasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2017). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (umkm) berbasis industri kreatif di kota malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 120-142.

Bimantara, A. P., & Triastuti, R. J. (2018). Penerapan Good Manufacturing Practices (GMP) pada Pabrik Pembekuan Cumi-Cumi (Loligo Vulgaris) di PT. Starfood Lamongan, Jawa Timur. Journal of Marine and Coastal Science, 7(3), 111–119.

BPS. (2022). Luas Panen dan Produksi Ubi Kayu Menurut Kecamatan di Kabupaten Wonosobo 2016-2018. https://wonosobokab.bps.go.id/indicator/53/308/1/luas-panen-dan-produksi-ubi-kayu-menurut-kecamatan-di-kabupaten-wonosobo.html.

Gus. (2020). 60-ribu-pelaku-umkm-wonosobo- kesulitan- naik- kelas. https://magelangekspres.com/ 60-ribu- pelaku- umkm- wonosobo- kesulitan- naik-kelas/.

Faishol, M., Hastuti, S., & Ulya, M. (2013). Perancangan ulang tata letak fasilitas produksi pabrik tahu srikandi junok Bangkalan. Agrointek: Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 7(2), 59-67.

Hanidah, I. I., Mulyono, A. T., Andoyo, R., Mardawati, E., & Huda, S. (2018). Penerapan Good Manufacturing Practices Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Produk Olahan Pesisir Eretan-Indramayu. AGRICORE: Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian, 3(1), 359–426.

Herlambang, A., Asmawati, E., & Haryono, Y. (2018). Implementasi Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga Kerupuk di Sidoarjo (Implementation of Good Food Production Method for Kerupuk Household Industry in Sidoarjo). Agro Kreat, 4, 31–37.

Indrawati, R. T., Putri, F. T., & Rochmatika, R. A. (2021). Peningkatan Kualitas Produksi Cingklung Slukatan Khas Wonosobo Melalui Penerapan Good Manufacturing Practices. Surya Abdimas, 5(3), 293–302.

Kristianada, V., Simanjuntak, C. M., Frittandi, F., Nugroho, D. K., Wardana, A., Pasaribu, P., Caroline, C., & Christina, C. (2021). Pendampingan Pengelolaan Bidang Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Toko Irma Jenoong, Bandung. Surya Abdimas, 5(3), 302-311. https://doi.org/10.37729/ abdimas.v5i3.1261

Pramesti, M., Subagyo, H., & Aprilia, A. (2019). Perencanaan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Keripik Nangka dan Usulan Keselamatan Kesehatan Kerja di UMKM Duta Fruit Chips, Kabupaten Malang. Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian, 3(2), 150–164.

Rezki, R. (2020). Evaluasi Penerapan CPPB-IRT Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) Minuman Tradisional di Desa Mekarharja. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(1), 28–33.

Rifa’i, B. (2013). Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Sumber, 100(100), 2–59.

Published
2023-04-24
How to Cite
Indrawati, R. T., Saputra, E., Putri, F. T., Nugroho, W. I., Nugroho, B. S., & Rochmatika, R. A. (2023). Strategi Peningkatan Produktivitas Usaha Krecek Salome Melalui Penerapan Good Manufacturing Practices dan Public Awareness . Surya Abdimas, 7(2), 219-228. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i2.2347
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)