Integrated Digital Marketing Sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Makanan Kecil Khas Daerah (MKKD) Sentra Industri Brem Wonogiri

  • Sugiyanta Sugiyanta Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Bayu Setyo Nugroho Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Sri Marhaeni Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Eva Purnamasari Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
  • Mellasanti Ayuwardani Politeknik Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Integreted, Digital marketing, Kaizen, Pemasaran online, Branding, Manajemen

Abstract

Pandemi covid-19 di Indonesia sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi UMKM. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah umkm makanan kecil khas daerah sentra industri Brem Wonogiri desa Ngadiripo, kKabupaten Wonogiri. Penjualan umkm Brem Wonogiri saat ini hanya mengandalkan dari pedagang perantara dan pelanggan yang langsung berkunjung di rumah produksi. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu mitra memperluas target pemasaran dan langsung ke end user yaitu dengan pengelolaan jual beli secara online (digital marketing). Kegiatan pengabdian dilakukan dengan memberikan peralatan lengkap dan pelatihan pengelolaan Integrated digital marketing serta melakukan kaizen dalam hal pengembangan strategi pemasaran. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini meliputi (1) Menciptakan logo dan promosi produk sebagai branding produk sesuai karakteristik UMKM; (2) Menciptakan perangkat Integrated Digital Marketing yaitu Instagram, Facebook, Whatsapp business, dan Shopee; (3) Pengadaan instrument peralatan integrated digital marketing; (4) Mitra memiliki legalitas usaha berupa Nomor Induk Berusaha (NIB); (5) Mitra memiliki kemampuan strategi pemasaran dan mampu mengelola pemasaran berbasis digital. Keseluruhan kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan pengaruh positif kepada mitra sentra industri brem wonogiri sebagai upaya pemulihan pendapatan ekonomi masyarakat setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, E. D. E., & Nugroho, B. S. (2022). Improving Personal Financial Management through Financial Technology, Financial Capability, and Spiritual Intelligence as Intervening Variable. Admisi dan Bisnis, 23(1), 57–70. http://dx.doi.org/ 10.32497/ab.v23i1.3477

Maarif, I. B., Bahtiar, Y., & Aprilia, E. D. (2020). Pendampingan Kewirausahaan Home Industry Ibu-Ibu PKK Desa Mojokambang Kabupaten Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23-27.

Chiarini, A., Baccarani, C., & Mascherpa, V. (2018). Lean production, Toyota Production System and Kaizen philosophy: A conceptual analysis from the perspective of Zen Buddhism. TQM Journal, 30(4), 425–438. https://doi.org/10.1108/TQM-12-2017-0178

Graciafernandy, M. A., Amaliyah, E. D. E., Usriyono, E., & Slahanti, M. (2022). Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Literasi Keuangan: Investasi Emas Nggak Ada Matinya! Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Literasi, 2(2), 1315–1320. https://doi.org/https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.569

Hermawan, I., Nugroho, B. S., Sartono, & Suharmanto. (2022). Pemberdayaan Ukm Alat Musik Biola di Sukoharjo. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1079–1086.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2016). Menpar: Gunakan Digital Marketing Untuk Pemasaran Pariwisata. Https://www.kominfo.go.id/ content/detail/7998/menpar-gunakan-digital-marketing-untuk-pemasaran-pariwisata/0/berita.

Nielsen Indonesia, & Galuh Putri Riyanto. (2022). Riset Nielsen: Belanja Iklan Digital Naik, Tembus Rp 41 Triliun pada 2021 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Riset Nielsen: Belanja Iklan Digital Naik, Tembus Rp 41 Triliun pada 2021.” Https://Tekno.Kompas.Com/Read/2022/03/16/15010057/Riset-Nielsen-Belanja-Iklan-Digital-Naik-Tembus-Rp-41-Triliun-Pada-2021?Page=all.

Nugroho, B. S. (2021). Human Resource Performance Improvement Model Design (Case Studi in the Biggest Central Java Automotive Company). Admisi dan Bisnis, 22(1), 47–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32497/ab.v22i1.2489

Nugroho, B. S., Purnamasari, E., Prahara, T., & Ayuwardani, M. (2022a). Penerapan Strategi Kaizen Production dan Integrated Digital Marketing Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Penjualan Tanaman Hias. Surya Abdimas, 6(2), 361–370. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i2.1736

Nugroho, B. S., Purnamasari, E., Prahara, T., & Ayuwardani, M. (2022b). Penerapan Strategi Kaizen Production Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Kualitas Tanaman HiaS. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1277–1282.

Nugroho, B. S., Utami, H., Ayuwardani, M., & Adie Setyawan, N. (2022). Knowledge Sharing and Employee Performance: the mediating role of Organizational Learning. Admisi Dan Bisnis, 23(2), 155–164. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32497/ab.v23i2.3786

Sandiaga Salahuddin Uno, & Nuzulul Huda. (2021, August 20). Menparekraf Siapkan Pelatihan dan Pendampingan Bagi Pelaku Parekraf Pandeglang. Https://Kotakreatif.Kemenparekraf.Go.Id/Menparekraf-Siapkan-Pelatihan-Dan-Pendampingan-Bagi-Pelaku-Parekraf-Pandeglang/.

Suroija, N., Asrori, M., & Nugroho, B. S. (2022). Strategi Pengembangan Ekowisata Dengan Model Pentahelix Pada Karang Jahe Beach Kab Rembang. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 4, No. 1).

Suroija, N., Asrori, M., Nugroho, B. S., & Sulistiyani, E. (2022). Pentahelix Model For The Development Of Ecotourism Karang Ginger Beach Punjulharjo Village, Rembang Regency. International Journal of Education, Business and Economics Research (IJEBER), 2(6), 134–145. http://ijeber.com/#

Suseno, Y. D., & Wibowo, E. (2018). Peningkatan Produktivitas Produksi Brem Sebagai Upaya Untuk Mengangkat Potensi Kabupaten Wonogiri. WASANA NYATA, 2(2), 107-113.

Yunianto Wibowo, B., Setiawan, A., Malebra, I., Nugroho, B. S., Ayuwardani, M., Sulistiyani, E., & Anuar, A. (2022). Digital Marketing Training In The “Madura” Barbershop Business In Semarang City As A Solution To Msmes’ Problems In The Era Of The Marketing Revolution 5.0. International Journal of Community Service, 2(4), 407–412. https://doi.org/https://doi.org/10.51601/ijcs.v2i4

Published
2023-01-25
How to Cite
Sugiyanta, S., Nugroho, B. S., Marhaeni, S., Purnamasari, E., & Ayuwardani, M. (2023). Integrated Digital Marketing Sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Makanan Kecil Khas Daerah (MKKD) Sentra Industri Brem Wonogiri . Surya Abdimas, 7(1), 94-104. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.2438
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)