Pendampingan Dosen Pada Pembelajaran Akuntansi Secara Daring di SMA Santo Kristoforus II
Abstract
Selama pandemi Covid-19, pembelajaran siswa sekolah terpaksa dilakukan secara daring. Bagi guru akuntansi menjadi tantangan sendiri dalam menyampaikan materi yang lebih banyak perhitungan ditambah dengan keterbatasan sarana prasarana yang dimiliki oleh guru dan siswa/siswi SMA. Tingkat kesulitan pelajaran akuntansi yang tinggi memperparah kondisi siswa SMA dalam memahami akutansi dan sangat mempengaruhi minat belajar siswa terhadap pelajaran akuntansi. Berangkat dari kondisi di atas, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Trisakti School of Management mengadakan pengabdian berupa pendampingan pembelajaran akuntansi secara daring bagi siswa/siswa SMA Santo Kristoforus II. Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman akuntansi yang selama ini dirasa sulit untuk dipahami oleh siswa. Kegiatan dilakukan dengan metode pendampingan dan pelatihan secara daring melalui zoom meeting dari awal Oktober 2021 sampai pertengahan November. Materi Pelatihan diberikan berupa siklus akuntansi perusahaan jasa dengan lebih banyak contoh kasus transaksi dan aplikasi yang diakhiri dengan pelatihan software akuntansi Accurate. Antusiame siswa siswi SMA Santo Kristoforus II sangat baik ditandai dengan siswa siswi yang banyak aktif bertanya selama pembelajaran berlangsung. Setelah pelatihan berakhir, tingkat pemahaman akuntansi siswa SMA Santo Kristoforus semakin baik dan minat belajar akuntansi semakin meningkat ditandai dengan permintaan dari siswa untuk diadakan kembali pelatihan dengan materi siklus akuntansi untuk perusahaan dagang
Downloads
References
Accurate. (2022). Rekomendasi Software ERP dan Akuntansi Yang Cocok Untuk Bisnis anda. https://softwareAccurate.com/ diakses tanggal 31 Oktober 2022.
Anggraeni, F., Debora, & Sutrisno, N. (2022). Pelatihan Accurate Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Siswa di SMK Pelita IV. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 2(3), 1009–1014.
Darmanto, D. (2017). Media Alternatif Software Praktikum Akuntansi SMK berbasis Open Source. Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER), 1(1), 1–6. Retrieved from https://ojs.widyakartika.ac.id/index.php/sniter/article/view/55
Diyani, L. A., Rahman, H. A., & Wijaya, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Komputerisasi Akuntansi Perusahaan Dagang Menggunakan “Accurate.” Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.36257/apts.v2i1.1294
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Hendarwati, E., Saida, N., & Yarno, Y. (2019). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kemitraan Dosen dan Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 28. https://doi.org/10.30651/aks.v3i1.2064
Janah, A., & Rusdiana, F. K. (2022). Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak SD Melalui Program Pendampingan Belajar di Masa Pandemi Desa Pagutan Kecamatan Manyaran Kabupaten Wonogiri. Abdimasku, 5(3), 345–354.
Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Akuntansi untuk Siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(2), 80–94.
Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Unimed Medan, (June), 1–11. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Diana-Novita/publication/ 341830562_plus_minus_aplikasi_pembelajaran_daring/links/5ed6802b299bf1c67d33d883/plus-minus-aplikasi-pembelajaran-daring.pdf
Rahmi, N. U., Sari, W., & Wulandari, B. (2019). The effect of information technology, quality of accounting information and understanding of students on accounting software users. Journal of Physics: Conference Series, 1230(1), 012080. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1230/1/012080
Sulistiani, H., Hamidy, F., Suaidah, S., Mersita, R., Yunita, Y., & Ismi HS, Y. (2022). Pelatihan Penerapan Accurate Accounting Software Bagi Siswa Jurusan Akuntansi Di SMKN 1 Padang Cermin. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 192. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2038
Suwardjono. (2014). Teori Akuntansi-Perekayasaan Akuntansi Keuangan. Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Utami, N., & Yulianto, H. D. (2019). Significant Influence of Information Technology on the Use of Modern Accounting Software. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(2), 022003. https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/2/022003
Vera, N. (2020). Strategi Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Avant Garde, 8(2), 165. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1134
Weygandt, J. J., Kimmel, P. D., & Kieso, D. (2019). Financial Accounting with IFRS. 4th Edition. John Wiley & Son, Inc.
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118
Yusrizal, B. T., & Faradilla, D. (2019). Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran PPKN Di SMA Bunda Padang Melalui Penugasan Dosen di Sekolah. Civics Education and Social Sciense Journal, 1(2), 14–24.
Zeinora, & Septariani, D. (2020). Analisis Kelebihan dan Kekurangan Serta Kebermanfaatan Menggunakan Software Accurate, MYOB, Zahir Accounting dan Penerapannya di Universitas Indraprasta PGRI. Journal of Applied Business and Economics, 6(4), 341–353.
Copyright (c) 2023 Paulina Sutrisno, Astrid Rudyanto, Fung Jin Tjhai, Nicken Destriana, Aan Marlinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.