Pemberdayaan Kelompok Perempuan Sentra Keripik Tempe Untuk Meningkatkan Pendapatan dan Ekonomi Masyarakat

  • Agus Tatang Sopandi Universitas Terbuka, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Gede Suwardika Universitas Terbuka, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Kadek Masakazu Universitas Terbuka, Denpasar, Bali, Indonesia
  • Nia Erlina Universitas Pendidikan Ganesha, Bali, Indonesia
Keywords: Keripik tempe, Pemberdayaan, Perempuan, PALS

Abstract

Salah satu IRT yang bergerak dibidang camilan adalah ibu Nur Aini. Ibu Nur Aini sudah lebih dari 10 tahun menggeluti usaha camilan keripik tempe. Awal berdirinya usaha ini hanya mempunyai 1 orang karyawan. Saat ini, mitra rata-rata mampu memproduksi sekitar 200-300 bungkus keripik tempe/hari dengan harga 1 bungkus Rp.1.000, dengan tingkat keuntungan sekitar 10 %- 25% dari harga jual. Akar permasalahan pada prioritas masalah yang dialamai mitra adalah proses produksi keripik tempe yang masih konvensional, pemotongan tempe dilakukan secara manual; pengemasan produk hanya menggunakan plastik yang dilipat kemudian di eratkan menggunakan staples; pola pemasaran yang hanya mengandalkan akses sekitar tempat tinggal mitra; dan bbelum mendapatkan ijin PIRT. Solusi permasalahan dalam program PKM dilaksanakan dengan mengadopsi metode PALS (participatory learning system). Pelaksanaan program PKM dengan metode PALS meliputi empat tahapan utama, yakni tahap penyadaran, tahap pengkapasitasan, tahap pendampingan, serta tahap pelembagaan. Respon keterlaksanaan kegiatan mendapatkan hasil 60% responden menanggapi dengan baik dan 40% lainnya menanggapi dengan sangat baik. Hasil yang didapatkan adalah peningkatan keterampilan mitra, kemampuan memproduksi berbasis IPTEK dengan lebih optimal, desain produk dan kemasan baru yang lebih modern, konsistensi membuat konten promosi melalui media sosial, serta pembuatan akun di salah satu marketplace, sehingga PIRT keripik tempe mampu meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adani, M. L. (2020). LKP: Perancangan Desain Label Kemasan Produk Kunir Asem Hj. Maimunah sebagai Upaya Meningkatkan Minat Konsumen. Universitas Dinamika.

Alamanda, A. R. (2022). Tiktok vs Instagram reels: platform untuk konten promosi bisnis fashion online. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6327–6334.

Amrussalam, A., & Ariyanti, F. (2022). Pendampingan Pemanfaatan Limbah Sekbuk Kayu dalam Memperoleh Value Added yang Bernilai Ekonomis. Jurnal Abdimas ADPI Sains Dan Teknologi, 3(1), 47–53. https://doi.org/10.47841/saintek.v3i1.127

Fransisca, F., Salim, Y., Kurniawan, V. F., Sulystio, G., & Jayanti, M. (2022). Penerapan Strategi Pemasaran dan Promosi terhadap Usaha Mikro W&A Laundry Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cianjur Jawa Barat. Intervensi Komunitas, 3(2), 112–119. https://doi.org/10.32546/ik.v3i2.1544

Halim, Y., Soedirga, L. C., Handayani, R., & Siregar, T. M. (2021). Pelatihan Pembuatan Biskuit Dan Cookies Berbasis Pakcoy Di Kelompok Wanita Tani Dumay, Tangerang Selatan. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 138. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i2.6363

Harsanto, P. W., Suwarno, S., & Jakti, J. W. (2020). Kajian Desain Kemasan Minuman Mineral Terhadap Tingkat Keputusan Konsumen Dalam Pembelian. digilib.isi.ac.id

Kwuta, E. K. B., Sasongko, T., & Budi, C. S. K. (2020). Analisis Rasio Profitabilitas Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada Home Industri Keripik Tempe Sari Rasa Malang [Dissertation].

Lestari, N. T., & Ulya, H. N. M. (20021). Upaya Peningkatan Penjualan Melalui Strategi Labeling Usaha Keripik Tempe di Desa Glonggong. Abdimas Indonesian Journal, 1(1), 19–34.

Mayoux. (2005). Participatory Action Learning System: An Empowering Approach to Monitoring, Evaluation, and impact assessment. [www. enterprise-impact. org. uk].

Priyandoko, G., Rofii, F., & Sujianto, A. T. (2020). Program Kemitraan Masyarakat Universitas Widyagama Malang Pada Usaha Peningkatan Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Pemula. JAST: Jurnal Aplikasi Sains Dan Teknologi, 4(1), 61. https://doi.org/10.33366/jast.v4i1.1591

Rahayu, E. L. B., & Syam, N. (2021). Digitalisasi Aktivitas Jual Beli di Masyarakat: Perspektif Teori Perubahan Sosial. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(2), 672–685. https://doi.org/10.37329/ganaya.v4i2.1303

Santhanalakshmi, M. P. (2021). Impact of Peer Assisted Learning Strategy (PALS) for Learning Enhancement of Students at Secondary Level. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(10), 7333–7336.

Sueca, I. N., Artajaya, G. S., & Suardana, I. P. O. (2021). Pelatihan Pengembangan Entrepreneur Berbasis Potensi Diri Dalam Penguatan Karakter Generasi Milenial Di Yayasan Dvipantara Samskrtam. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(3), 932. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i3.5417

Suratman, S., & Eriyanti, E. (2022). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Wijaya, I. G. N. S., Ciptahadi, K. G. O., & Yasa, I. P. E. P. (2019). Pengembangan Usaha Industri Rumah Tangga Keripik Tempe di Tabana. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 47–51.

Published
2023-04-28
How to Cite
Sopandi, A. T., Suwardika, G., Masakazu, K., & Erlina, N. (2023). Pemberdayaan Kelompok Perempuan Sentra Keripik Tempe Untuk Meningkatkan Pendapatan dan Ekonomi Masyarakat. Surya Abdimas, 7(2), 348-356. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i2.2524
Section
Articles