Workshop Pengembangan Media Ajar Berbasis TIK sebagai Sarana Mengenalkan Bahasa Inggris bagi Anak Usia Dini
Abstract
Dalam dunia pendidikan anak usia dini, mengenalkan Bahasa Inggris merupakan salah satu bentuk mempersiapkan anak untuk meraih masa depan gemilang. Hal ini dikarenakan saat ini mereka termasuk dalam generasi alfa dimana internet berkecepatan tinggi sudah ada ketika mereka lahir. Perkembangan teknologi menuntut para penggunanya untuk mahir dalam bahasa Inggris karena teknologi tersebut digunakan oleh orang dari seluruh dunia yang menggunakan bahasa Internasional yakni Bahasa Inggris. Oleh sebab itu, penting bagi guru yang bergelut dengan pendidikan anak usia dini untuk mampu mengembangkan media ajar berbasis TIK guna mengenalkan bahasa Inggris sebagai upaya mempersiapkan anak-anak menjadi generasi alfa yang tidak hanya menguasai teknologi tapi juga menguasai bahasa Inggris. Permasalahan yang dihadapi guru yang notabene sebagian besar berasal dari generasi sebelum internet ada yaitu masih kurangnya pemahaman tentang konsep serta penggunaan media berbasis TIK sebagai sarana mengenalkan Bahasa Inggris pada anak usia dini. Guna mengatasi kendala yang dihadapi para guru PAUD, pelatihan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan guru. Paket pelatihan yang diberikan kepada para guru yaitu konsep pembelajaran Bahasa Inggris AUD, pelatihan pembuatan power point interaktif, dan pelatihan pembuatan media berbasis Canva Video. Adapun follow up dari pelatihan tersebut adalah para perwakilan guru menularkan ilmunya ke guru yang lain di lembaga tempat beliau mengajar dan nantinya akan kami adakan pelatihan dengan skala yang lebih besar.
Downloads
References
Christine, C., Karnawati, K., & Nugrahenny C, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Generasi Alfa dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 235–250. https://doi.org/10.47530/ edulead.v2i2.77
Harun, C. A. (2018). Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Dini Versus Budaya Lokal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10499
Indonesia, & BP Cipta Jaya (Eds.). (2006). Undang-Undang R.I. no. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen: Dilengkapi Putusan Mahkamah Konstitusi tentang pengujian Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, ujian nasional tahun pelajaran 2005/2006. Cipta Jaya.
Kusuma, C. S. D. (2019). Integrasi bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. EFISIENSI - KAJIAN ILMU ADMINISTRASI, 15(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/ efisiensi.v15i2.24493
Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Denata, G. Y. (2022). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Fisik Anak Usia Dini Pada Generasi Alfa. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 21. https://doi.org/10.24014/ kjiece.v5i1.16525
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan kompetensi guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102-109.
Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jesya, 3(2), 506–519. https://doi.org/10.36778/jesya.v3i2.227
Pransiska, R. (2013). Pemanfaatan It Sebagai Media Dalam Mengenalkan Bahasa Ingris Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 107. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v13i2.4287
Rohimin, R. (2020). Reposisi Pendidikan Keluarga Bagi Anak Generasi Alfa. Nuansa, 12(2). https://doi.org/10.29300/nuansa.v12i2.2765
Simin, S. (2021). Smartphone, Generasi Alpha, dan Pembelajaran Matematika: Suatu Kajian Literatur. Prosiding Seminar Nasional Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi : Kampus Merdeka Meningkatkan Kecerdasan Sumberdaya Manusia Melalui Interdispliner Ilmu Pengetahuan dan Teknologi : Pontianak, 24 Agustus 2021, 17–30. https://doi.org/10.26418/pipt.2021.46
Saifudin, S. (2021). IHT dan Bimbingan Berkelanjutan Guna Meningkatkan Kemampuan Guru SMP dalam Merancang Media Pembelajaran. Surya Abdimas, 5(2), 160-169. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.1022
Sophya, Ida. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 2. 251. 10.21043/Thufula.V2i2.4639.
Wernely, Wernely. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) di TK Aisyiyah Kota Dumai. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran). 2. 415. 10.33578/Pjr.V2i3.5539.
Winata, W., Susanto, A., Suryadi, A., Satriana, M., & Rohaeni, S. (2021). Model Pengasuhan Anak Usia 3-4 Tahun Berbasis Practical Life di Homeschooling Tunggal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 680–692. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1492
Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656
Copyright (c) 2023 Puspa Dewi, Tusino Tusino, Abdul Ngafif, Mayliana Rosani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.