Pemberdayaan Siswa Sebagai Preventive agent Melalui Penyuluhan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan

  • Venny Patricia Poltekkes Kemenkes Banten, Banten, Indonesia
  • Ahmad Yani Poltekkes Kemenkes Banten, Banten, Indonesia
Keywords: Penyuluhan siswa, Pengetahuan sikap, Kesadaran perilaku, K3

Abstract

Keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan pemikiran dan usaha untuk menjamin keselamatan kerja ketika kita berada di laboratorium sehingga mencegah terjadinya kecelakaan di laboratorium. Penerapan keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja (K3) pada anak sekolah sangat penting pengaruhnya untuk peningkatan mutu dan managemen resiko untuk menghindari kecelakaan kerja bagi siswa dan semua orang yang beraktivitas di laboratorium tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan kesadaran berperilaku K3 di laboratorium. Metode penyuluhan dilakukan secara hybrid learning, yaitu kegiatan daring dilakukan penyuluhan terkait K3 melalui zoom meeting dan dilakukan kegiatan pretest dan posttest. Kegiatan luring dilakukan pemberian simbolis seperangkat alat spill kit K3 ke 3 sekolah SMK kesehatan yang menjadi sasaran dari kegiatan ini, kegiatan luring ini juga kita memberikan penyegaran kepada pihak sekolah dalam pencegahan kecelakaan kerja di laboratorium sekolah. Hasil yang didapatkan semakin tinggi pengetahuan siswa, maka sikap dan kesadaran berperilaku K3 juga tinggi terbukti dengan hasil variabel pengetahuan K3 yang dominan berada pada kategori tinggi sebanyak 34 (47%) responden; variabel sikap dengan kategori baik sebanyak 27 (37.5%) responden dan variabel kesadaran berperilaku K3 dengan kategori sangat tinggi sebanyak 27 (38%) responden.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dantjie, P. R., Widjasena, B., & Suroto. (2016). Perbedaan pengetahuan, sikap dan praktik keselamatan dan kesehatan kerja laboratorium antara mahasiswa program studi D3 dan S1 pada institusi pendidikan di Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 4(2), 97–107. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm%0APerbedaan

Djaali, N. A., Usman, S., Agustino, R., & Simaibang, F. H. (2020). Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Melalui Sosialisasi Potensi Bahaya di Sekolah. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.37012/ jpkmht.v2i1.290

Hati, S. W. (2015). Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Pembelajaran Di Laboratorium Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Batam. www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Istih, S. M. P., Wiyono, J., & Candrawati, E. (2017). Hubungan Unsafe Action Dengan Kecelakaan Kerja Pada Perawat Di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).

ILO, I. O. L. (2013). Keselamatan dan Kesehatan Kerja Keselamatan dan Kesehatan Sarana untuk Produktivitas (5 (Lima)). International Labour Office. www.ilo.org / publns

ILO, I. O. L. (2018). Meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Pekerja Muda (Pertama). Kantor Perburuhan Internasional-ILO. www.ilo.org/jakarta

Ismara, I. (2009). Budaya K3 dan Performansi K3 di SMK. Jurnal Ekologi Pendidikan, 5(1).

Nabilah, N. A., & Mardiana, M. (2017). Faktor Perilaku Keselamatan Pada Siswa Teknik Pemesinan. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(3), 95-105.

Pangeran, M. W., Kustono, D., & Tuwoso, T. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan K3 di Bengkel Pemesinan. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3), 90-94.

Prasatya, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Sikap Kesadaran Berprilaku K3 Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Pratiwi, R. S. N. (2018). Pengaruh Promosi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mencegah Kecelakaan Kerja Pada Siswa di Laboratorium Smk Analis Kesehatan Tunas Harapan, Jakarta Timur, Tahun 2018. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Rahayu, E. P., Ratnasari, A. V., Wardani, R. W. K., Pratiwi, A. I., Ernawati, L., Lestari, S., ... & Prasetyo, E. (2022). Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Pradina Pustaka.

Safira Hedaputri, D., Indradi, R., Putri Illahika, A., Kedokteran, F., Muhammadiyah, U., & Abstrak, M. (2021). Kajian Literatur: Hubungan Tingkat Pengetahuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan Kejadian Kecelakaan Kerja. CoMPHI Journal: Community Medicine and Public Health of Indonesia Journal 1( 3).

Sangi, M. S., & Tanauma, A. (2018). Keselamatan dan Keamanan Laboratorium IPA. Jurnal Mipa, 7(1), 20-24.

Situmorang, H. N., Nursanni, B., & Ulgari, S. (2021). Pelatihan Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja kepada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 27(3), 204-208.

Syakbania, D. N., & Wahyuningsih, A. S. (2017). Program keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium kimia. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(2), 49-57.

Wibowo, I. Y., Kesehatan, A., Paul, J., Pekanbaru, I. I., Kunci, K., Keselamatan, :, Kerja, K., Kesehatan, P., & Bahaya, P. (2022). Promosi Kesehatan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Sekolah Di SMA Santo Yosef Duri. JABB, 3(1). https://doi.org/10.46306/jabb.v3i1

Yamin, M. (2020). Perilaku Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Siswa Dalam Pembelajaran Praktikum Di Smkn 2 Sidenreng. Jurnal Syntax Admiration, 1(3).

Yolanda, R., Ferusgel, A., & Nuraini, N. (2018). Pengaruh Promosi Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pemulung Di Tempat Pembuangan Akhir Medan Marelan. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(2), 51-57.

Published
2023-07-24
How to Cite
Patricia, V., & Yani, A. (2023). Pemberdayaan Siswa Sebagai Preventive agent Melalui Penyuluhan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan. Surya Abdimas, 7(3), 391-400. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.2918
Section
Articles