Diklat Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru MGMP Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Abstract
Kurikulum Merdeka (KM) yang saat ini tengah diterapkan oleh satuan pendidikan hadir untuk menyempurnakan kurikulum 2013. Dalam pelaksanannya perubahan kurikulum tersebut dilaksanakan pada kelas sepuluh. Sebagian sekolah dan guru kabupaten Kebumen belum melaksanakan IKM secara penuh dan sebagian guru kurang memahami tentang konsep IKM, teknis pelaksanaan, dan P5 pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang IKM bagi guru. Metode yang digunakan yaitu pelatihan yang diselenggarakan secara blanded yaitu daring dan luring. Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMA/ MA di kabupaten Kebumen yang tergabung dalam forum MGMP Bahasa Inggris. Berdasarkan hasil kegiatan telah dapat terlaksana dengan baik dan lancar, peserta memiliki pengetahuan secara baik tentang Kurikulum Merdeka dan implementasinya. Adapun luaran dari kegiatan ini berupa Modul Ajar yang akan digunakan pada kegiatan KBM pada semester Ganjil tahun 2023/2024.
Downloads
References
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022).
Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di
Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), Art. 4.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61-72.
Arifa, F. N. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dan tantangannya. Bidang Kesejahteraan Rakyat: Info Singkat, 14(9), 25-30.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.
Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607-3613.
Hanafiah, H., Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816-1823.
Harianto, B. T. (2023). Problematika Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Khazanah Intelektual, 7(1), 1567-1583.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai kearifan lokal: projek paradigma baru program sekolah penggerak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022).
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal
Basicedu, 6(4), Art. 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022).
Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258.
Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90.
Simanjuntak, R., Elfrianto, E., Yusmidani, Y., & Saragih, V. (2023). Administrasi Tata Kelola dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 2613-2619.
Susetyo, S. (2020). Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu.
Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 29–43
Media, Kompas Cyber (2022).. KOMPAS.com. Diakses tanggal 24-08-2022.
Wahyu. (2022). Modul Ajar Kurikulum Merdeka 2022 Jenjang SMK, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Guru Berbagi
Copyright (c) 2023 Titi Rokhayati, Tusino Tusino, Puspa Dewi, Basuki Basuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.