Penguatan Literasi Dasar Siswa SD: Story Telling dan Puisi

  • Handara Tri Elitasari STAINU Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Nurjanah Nurjanah STAINU Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
  • Siti Nasiroh STAINU Purworejo, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Literasi dasar, Story telling, Puisi, Sekolah dasar

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada penurunan kemampuan literasi. Siswa menjadi pasif di kelas. Siswa tidak memiliki minat membaca, menulis dan bercerita. Pelaksanaan kegiatan literasi di sekolah belum maksimal karena keterbatasan waktu yang dimiliki guru dan siswa, sehingga kemampuan literasi siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan melalui penguatan literasi siswa di SD Negeri Trirejo, kecamatan Loano, kabupaten Purworejo. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar siswa.  Program ini dilakukan secara kolaboratif oleh dosen dan mahasiswa yang terintegrasi dengan kegiatan kuliah kerja nyata. Kegiatan ini dilaksanakan pada Desember 2022. Subjek pengabdian yakni siswa kelas  IV, V dan VI SD. Literasi yang diajarkan difokuskan pada story telling dan puisi. Tahapan pelaksanaan program mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.   Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat diperoleh yakni  meningkatnya kemampuan siswa dalam praktik menulis dan membaca puisi serta story telling, siswa juga terlihat antusias mengikutinya. Hal ini dibuktikan saat kegiatan lomba baca puisi dan story telling, beberapa siswa mendapatkan skor tinggi dan juara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiana, V., Rahmatunisa, W., & Darsih, E. (2022). Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling di Desa Kalimanggis Wetan. KALANDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(6), 159–164.

Aritonang, B. D., Citra, I. A., Putu, N., & Tirta, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Anak Sd. Seminar Bahasa, Sastra dan Pengajarannya (PEDALITRA I) Penguatan Literasi Melalui Pengajaran Bahasa dan Sastra, Pedalitra I, 297–309.

Daroin, A. D., Santoso, O. V. K., Pranidia, D. M. A., & Halimah, L. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 2 Gombang Tulungagung. D'edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 38-49.

Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400

Humaira, M. A., Sudjani, D. H., Sya, M. F., Indra, S., Syamsudin, D., & Rusli, R. K. (2021). Penguatan Literasi Siswa Melalui Story Telling Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Karya Abdi, 5(3), 547–552. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/16315

Jati, L. T. S., & Sumarni, W. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 777–783. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/667/585

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal Pendidikan Almuslim, II(2), 11–21.

Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). Literat Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1), 1–12.

Magdalena, I., Handayani, S. S., & Putri, A. A. (2021). Analisis faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa di SDN Kosambi 06 Pagi Jakarta Barat. Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3, 107–116.

Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393. https://doi.org/10.33578/ jpfkip.v11i2.8851

OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589

Retnaningdyah, P. (2022). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di sekolah menengah pertama. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., & Masithoh, D. (2020). Penanaman Dinamika Literasi pada Era 4.0. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 4(1).

--------. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Published
2023-04-25
How to Cite
Elitasari, H. T., Nurjanah, N., & Nasiroh, S. (2023). Penguatan Literasi Dasar Siswa SD: Story Telling dan Puisi. Surya Abdimas, 7(2), 312-319. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i2.2934
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)