Pelatihan Perancangan Desain Kemasan Produk UMKM Keripik Pisang Menggunakan Perangkat Lunak Canva
Abstract
Usaha Kecil Mikro Menengah merupakan kegiatan ekonomi masyarakat yang berukuran kecil di bidang usaha. Permasalahan umum dari produk UMKM adalah kemasan yang kalah bersaing dengan produk dari industri besar. Perkembangan UMKM yang saat ini meningkat pesat menjadi salah satu bentuk persaingan, bagaimana desain menjadi kesan pertama produk yang dapat lebih menarik konsumen. Desain biasanya tidak bisa memberikan gambaran detail mengenai produk, maka dari itu desain yang dibuat harus bisa memiliki daya tarik bagi pembeli. Produk UMKM yang berada di desa Karya Jaya adalah keripik pisang Ibu Sawilah. Setelah dilakukan observasi langsung ke rumah produksi, peneliti menemukan kemasan yang digunakan belum menggambarkan isi dan kurang baik dalam menjaga ketahanan produk. Peneliti melakukan perancangan kembali terhadap kemasan produk keripik pisang menggunakan perangkat lunak canva. Perancangan terdiri dari program pelatihan dan praktik desain kemasan yang dilaksanakan di desa Karya Jaya, kecamatan Samboja Timur. Tujuan yang diharapkan dari kegiatan pelatihan desain kemasan adalah masyarakat Desa Karya Jaya terutama pelaku UMKM dapat mengetahui seberapa pentingnya desain kemasan terhadap keputusan pembelian dan dapat menambah nilai jual produk. Kegiatan praktik desain kemasan akan menghasilkan kemasan yang baru dengan kelebihan dapat menjaga ketahanan produk dalam jangka panjang. Selain itu, pelatihan dan praktik desain kemasan yang dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang usaha mikro, kecil dan menengah.
Downloads
References
Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 4(1), 69. https://doi.org/10.31328/js.v4i1.1732
Alin-Ionuț HOSU, Alexandra-Ioana GLOGOVEȚAN, C. B. P. (2022). Consumers’ Perceptions Of Food Sustainable Design Packaging: A Systematic Literature Review. Scientific Papers Series Management, Economic Engineering in Agriculture and Rural Development, 22(2), 407–416.
Aski Safarizki, H., & Sri Lestari, M. (2020). Optimalisasi Kemasan Raos Eca Dalam Peningkatan Promosi dan Nilai Jual Produk. Surya Abdimas, 4(2), 53-62. https://doi.org/10.37729/abdimas.v4i2.599
Candraningrat, C., Adrianto, Y. R., & Wibowo, J. (2018). Pengabdian Kepada Masyarakat Bagi Kelompok Tani Elok Mekar Sari Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01).
Clara, C. (2021). Pengaruh Desain Dan Manfaat Kemasan Terhadap Minat Pembelian FMCG. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 19(1), 01–24. https://doi.org/10.32524/ jkb.v19i1.109
Dede Nur Khomariyah, Rifatul Masrikhiyah, R. R. (2022). Penyuluhan Pengembangan Bentuk Kemasan Produk Keripik Pisang untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Pelaku UMKM di Desa Banjarharjo, Brebes. Profesional Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 8–15.
Dediek Tri Kurniawan, Inanda Shinta Anugrahani, Arum Prasasti, R. F. (2021). Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(8).
Erlyana, Y., & Ressiani. (2020). Perancangan Buku Desain Kemasan ”Basic of Packaging”. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 160–172. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i02.3390
Niode, I. Y. (2019). Sektor UMKM di Indonesia: profil, masalah dan strategi pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1), 1–10.
Noviadji, B. R. (2014). Desain kemasan tradisional dalam konteks kekinian. Artika, 1(1), 10-21.
Novita, D., & Senoaji, F. (2022). Peran Merek dan Packing dalam Penjualan Keripik Pisang Kekinian di Surabaya. Jurnal ADIPATI: Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi, 01(01).
Nugrahani, R. (2015). Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), 127-136.
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952
Shukla, P., Singh, J., & Wang, W. (2022). The influence of creative packaging design on customer motivation to process and purchase decision. Journal of Business Research, 147, 338–347. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2022.04.026
Tunky, H., & Kohardinata, C. (2016). Perancangan Desain Kemasan Pada Merk Keripik Pisang Bananation di Surabaya. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(5), 8.
Widiati, A. (2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) di “Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67–76.
Copyright (c) 2023 Marulan Andivas, Hana Triana Trisnawati, Ahmad Fadli Wijanarko, Afifah Azzahra Ramadhani, Hesna Widya Maya Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.