Pemberdayaan UMKM di Karesidenan Semarang dan Banyumas Jawa Tengah Melalui Pendampingan Usaha Kuliner yang Sistematis dan Berkelanjutan
Abstract
Era pandemi Covid-19 lalu membawa permasalahan yang bersifat multidimensional pada segala aspek kehidupan, termasuk adanya penurunan kinerja pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia khususnya Jawa Tengah. Mitra pengabdian mengalami penurunan omset rerata per bulan sebesar 78,4 %, dan penurunan permintaan pasar sebesar 96,4% mengakibatkan kondisinya ini semakin terpuruk dan masih terjadi hingga tahun kedua pandemi. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk memulihkan kembali kinerja usaha UMKM khususnya mitra yang berada di 2 kota karesidenan yaitu Semarang dan Banyumas agar kembali seperti kondisi sebelum pandemi. Metode pemberdayaan yang digunakan berbasis sistem manajemen kinerja ini dilaksanakan selama 7 bulan pada usaha mikro sektor kuliner dan telah diperoleh hasil yang signifikan. Kegiatan pengabdian telah terlaksana dengan baik dan lancar yang tercermin dari adanya kenaikan omset rerata sebesar 60 % dibandingkan sebelum pendampingan serta satu produk inovatif baru berlegalitas Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan metode pendampingan sistematis tersebut memberikan dampak yang positif dalam memperbaiki kinerja usaha UMKM dari sisi omset dan perluasan pasar.
Downloads
References
Abidin, A., & Daniawan, B. (2021). Perancangan model strategi bisnis bebas bunga untuk pemulihan UMKM pasca pandemi COVID-19. Journal Industrial Servicess, 7(1), 193. https://doi.org/10.36055/jiss.v7i1.13041
Ahmad, A., Saputro, G., & Sutrasna, Y. (2022). Strategi Pemerintah Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Ditengah Pandemi Covid-19 Dalam Mendukung Ketahanan Ekonomistrategi Pemerintah Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Ditengah Pandemi Covid-19 Dalam Mendukung Ketahanan EkonomI. Ekonomi Pertahanan, 8(1), 36-50.
Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.
Harahap, H. S., & Dewi, N. K. (2022). Edukasi Digital Marketing: Pembuatan Konten dan Caption Pada Instagram Bisnis Bagi Pelaku UMKM di FKRW Teluk Pucung, Bekasi. Surya Abdimas, 6(2), 277-285. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i2.1654
Hernikawati, D. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang the Covid-19 Pandemic Impact for Small and Medium Enterprise (SME) in Palembang. Komunikasi Massa, 3(1), 9–17.
Indrawati, S., & Setiawan, B. (2020). Upaya Peningkatan Kesadaran Hukum Perlindungan Produk UMKM di Kabupaten Kebumen Melalui Pendaftaran Merek. Surya Abdimas, 4(2), 37-43. https://doi.org/10.37729/abdimas.v4i2.574
Ishak, P., & Sholehah, N. L. H. (2021). Implementasi Model Pentahelix Dalam Pengembangan UMKM Dimasa Pandemi Covid-19. Gorontalo Accounting Journal, 4(2), 207. https://doi.org/10.32662/gaj.v4i2.1726
Perwakilan, Kantor., & Indonesia, B. (2022). Arlyana Abubakar.
Radyanto, M. R., & Hayati, E. N. (2020). Design of sustainable production performance systems for MSMEs creative industry sub sector. Journal of Physics: Conference Series, 1517(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1517/1/012016
Radyanto, M. R., & Hayati, E. N. (2021). Sistem Perbaikan Berkelanjutan Umkm Terdampak Pandemi Covid-19 Dengan Menerapkan Rekayasa Ulang Proses Bisnis. PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 9(2), 298–311. https://doi.org/10.33373/profis.v9i2.3665
Radyanto, M. R., & Prihastono, E. (2020). Pengembangan Sistem Pendampingan Usaha Berkelanjutan Bagi UMKM Berbasis Sistem Manajemen Kinerja. Opsi, 13(1), 17. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3467
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380
Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan Umkm Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi [J.A.M.I.E.], 1(1), 40–49.
Subagio, D. P. W., Hastari, S., & Pudyaningsih, A. R. (2022). Diagonal (Digitalisasi Keanekargaman Potensi Lokal) Sebagai Upaya Promosi Produk-Produk UMKM di Kelurahan Randusari Kota Pasuruan. Surya Abdimas, 6(4), 646-656. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i4.1958
Sutrisno, E. (2020). Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor UMKM Dan Pariwisata. Jurnal Kajian Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 9(1), 87–96.
UNISBANK, CENTRISMED. Fakultas Teknik. (2020). Laporan Kinerja UMKM 2020.
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
Yusuf, M., Basmar, N. A., Baruch, M. A.-S., Suci, N. A. C. D., & Wulandari, R. (2022). Kegiatan Sosialisasi Digital Marketing Pelaku UMKM Untuk Memberdayakan Ekonomi Masyarakat. Surya Abdimas, 7(1), 34-42. https://doi.org/10.37729/ abdimas.v7i1.2208
Copyright (c) 2023 Mohammad Riza Radyanto, Antono Adhi, Enty Nur Hayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.