Strategi Promosi Wisata Menggunakan Virtual Reality E-Tourism di Desa Wisata Kopeng
Abstract
Desa Kopeng merupakan salah satu desa wisata yang berada di kabupaten Semarang yang memiliki destinasi seperti Taman Wisata Kopeng, Air Terjun Umbul Songo, Agrowisata, Kegiatan Live In dan Pendakian Gunung Merbabu. Pandemi Covid-19 membawa menyebabkan berkurangnya pengunjung dan pendapatan pelaku wisata ini turun tajam. Perlu suatu strategi agar wisata di desa Kopeng tetap berjalan dan tetap dapat menggerakkan roda perekonomian melalui pemanfaatkan teknologi informasi berupa e-tourism berbasis virtual tour berbasis virtual reality video 360o. Virtual tour digunakan sebagai pengganti kunjungan langsung ke obyek wisata. Adanya virtual tour ini berharap sebagai media dan setelah pandemi berakhir wisatawan dapat berkunjung ke desa wisata Kopeng. Tujuan dari pengabdian ini yaitu pelatihan dan pendampingan pembuatan virtual tour berbasis sistem informasi virtual reality video 360o. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan aksi yang terbagi dalam tiga jenis kegiatan yaitu pemberian pelatihan pembuatan virtual reality video 360o, pendampingan dalam membuat virtual tour menggunakan sosial media dan selanjutnya kegiatan supervisi. Pelaksanaannya melibatkan, Bumdes Tirto Umbul Rejo desa Kopeng, perangkat desa Kopeng, Karang Taruna desa Kopeng, dan masyarakat lokal sebagai sasaran sosialialisasi, pelatihan dan pendampingan. Luaran dari program pengabdian ini adalah publikasi pada jurnal pengabdian masyarakat dan hak kekayaan intelektual (HKI). Secara garis besar pelaksanaan pengabdian ini melalaui tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan lancar dan hasilnya memenuhi indikator-indikator yang diharapkan karena adanya dukungan oleh pemerintah desa dan masyarakat desa Kopeng.
Downloads
References
Ashshiddiqie, M. F., Gusti, I., & Pramidewi, A. (2021). Bali Virtual Tourism Tour In Society 5 . 0 Era. Seminar Nasional Desain, 1, 1–7.
Erwanto, B., Salsabil, A. B., Muzayyana, N., & Hartanti, D. (2022, June). Virtual Reality: Analisis Minat Teknologi Interaktif Kunjungan Wisatawan. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Bisnis (pp. 537-539).
Faurina, R., Sari, P. J., & Agustian, I. (2022). Pengembangan Website Tourism Dan Pemanfaatan Iklan Untuk Promosi Wisata Desa Rindu Hati. Abdi Reksa, 3(1), 7–13.
Hartini, S., Anglelyn, C., & Sukaris, S. (2020). Virtual reality: aplikasi teknologi untuk peningkatan kunjungan wisatawan. Journal of Business and Banking, 9(2), 215. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.2014
Haryono, G., & Albetris, A. (2022). Peranan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Melalui Pemanfaatan E-tourism Marketing untuk Meningkatkan Niat Berkunjung Wisatawan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(1), 136. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i1.509
Hermawan, I. (2016). Katalog virtual reality e-tourism berbasis video 360 sebagai konten digital kreatif bagi media simulasi profil destinasi wisata. In Prosiding Sentrinov (Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif) (Vol. 2, No. 1, pp. 478-485).
Kadafi, M. R., Moussadecq, A., & Justin, M. R. (2022). Perancangan E-Tourism sebagai Upaya Promosi Desa Jati Indah Lampung Selatan. IKONIK: Jurnal Seni dan Desain, 4(1), 48-55.
Kawulur, M. U., Rindengan, Y. D. Y., & Najoan, X. B. N. (2018). Virtual Tour e-tourism Objek Wisata Alam di Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Teknik Informatika, 13(3), 1–6.
Kharismajati, G., Umar, R., & Sunardi, S. (2020). Inovasi Promosi Obyek Wisata Purbalingga Menggunakan Teknologi Virtual Reality 360 Panorama Berbasis Android. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 3(2), 62–68. https://doi.org/10.33387/jiko.v3i2.1756
Kurniawan, R., Puriza, M. Y., & Arkan, F. (2021). Membangun Sistem Informasi Desa Untuk Pelayanan Publik Prima Berbasis Cloud Server di Desa Pagarawan Kabupaten Bangka. Panrita_Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 193–200.
Leung, R. (2022). Development of Information and Communication Technology: From e-tourism to Smart Tourism. Handbook of e-tourism. https://doi.org/10.1007/978-3-030-48652-5_2
Muhammad, R., Mutiarin, D., & Damanik, J. (2021). Virtual Tourism Sebagai Alternatif Wisata Saat Pandemi. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 4(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/jithor.v4i1.31250
Nofiyanti, F., Sulartiningrum, S., & Fitriana, R. (2018). Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Bidang Pariwisata di Desa Wisata Cikolelet Serang Banten. Jurnal SOLMA, 7(2), 176. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.2228
Putra, E. Y., Wahyudi, A., & Tumilaar, A. (2018). Virtual Reality 360 Interaktif Wisata Digital Kota Tomohon dengan Tampilan Stereoscopic. CogITo Smart Journal, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31154/cogito.v4i1.106.104-112
Rastati, R. (2020). Virtual Tour: Tourism in the Time of Corona. 510(Icosaps), 489–494. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201219.074
Riesa, R. M., & Haries, A. (2020). Virtual Tourism dalam Literature Review. Jurnal Pariwisata Bunda, 01(1), 1–6.
Saniati, S., Assuja, M. A., Neneng, N., Puspaningrum, A. S., & Sari, D. R. (2022). Implementasi E-tourism sebagai Upaya Peningkatan Kegiatan Promosi Pariwisata. International Journal of Community Service Learning, 6(2), 203–212. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i2.45559
Sobarna, A., & Kunci, K. (2021). Pengaruh Wisata Virtual Reality ( VR ) terhadap Niat Berperilaku Wisatawan. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 4–5.
Wira, S. N. B. S., Prawira, A. A. G. O. A., Selamet, I. W. A., & Rusadi, N. W. P. (2023). Tur Virtual sebagai Wisata Alternatif selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 8(1), 1-13.
Yesicha, C., Susanti, H., Zurani, I., Komunikasi, I., & Riau, U. (2019). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Sektor Pariwisata Kecamatan Kuok Kapupaten Kampar, Riau. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 112–126.
Copyright (c) 2023 Annis Nurfitriana Nihayah, Nurjannah Rahayu Kistanti, Andryan Setyadharma, Amin Pujiati, Ayuntavia Ayuntavia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.