Pengembangan Konten E-Learning Melalui Learning Content Development System Sebagai Inovasi Pembelajaran

  • Nasrudin Nasrudin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Heru Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: e-learning, online, LCDS

Abstract

Artikel ini merupakan kegiatan IbM yang bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru dalam membuat konten e-learning melalui Microsoft Learning Content Development System (LCDS). Tahap pengembangan konten e-learning melalui LCDS adalah sebagai berikut: 1) Create, 2) Preview, 3) Refine, dan 4) Delight. Luaran dan target kegiatan adalah guru mampu membuat dan menyajikan konten pembelajaran melalui sistem e-learning yang dapat menunjang pelaksanaan online learning di sekolah mitra (SMA Muhammadiyah Purworejo dan SMP Muhammadiyah Purworejo). Metode pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah: 1) Perencanaan (analisis kebutuhan dan survey), 2) Koordinasi dengan sekolah mitra, 3) Penyusunan modul dan materi pelatihan, 4) Kegiatan pelatihan pembuatan konten e-learning bagi guru, 5) Pengembangan mandiri bagi guru, dan 6) evaluasi. Melalui tahapan-tahapan kegiatan tersebut, tujuan kegiatan dapat tercapai dengan baik dan tuntas. Guru-guru mengikuti pelatihan dengan seksama, sehingga dapat dikatakan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Beberapa sarana untuk menunjang proses penyajian konten e-learning ini adalah ketersediaan web site dan jaringan internet di sekolah. Dengan demikian, ketersediaan sarana mutlak diperlukan dalam upaya pelaksanaan e-learning sebagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-28
How to Cite
Nasrudin, N., & Kurniawan, H. (2017). Pengembangan Konten E-Learning Melalui Learning Content Development System Sebagai Inovasi Pembelajaran. Surya Abdimas, 1(1), 28-30. https://doi.org/10.37729/abdimas.v1i1.307
Section
Articles