Pendampingan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Alam di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purworejo

  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Pendampingan, Pembelajaran, Kontekstual, Berbasis alam

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini meliputi menumbuhkan kepedulian siswa terhadap alam, meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, mampu mengatasi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada siswa, dan menambah wawasan dan keilmuan bagi guru kelas maupun guru bidang studi. Metode yang dipakai dalam mencapai tujuan kegiatan pendampingan pengabdian kepada masyarakat menggunakan pendekatan kontekstual berbasis alam dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Bahasa Indonesia, dan Matematika. Berdasarkan hasil yang dicapai secara umum pengabdian kepada masyarakat ini dapat menambah wawasan dalam variasi pembelajaran dengan terwujudnya pembelajaran kontekstual dalam tiga kegiatan secara langsung. Penggunaan media secara langsung dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Guru dapat menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran, sehingga menambah pengalaman belajar secara langsung baik untuk siswa maupun guru. Tujuan pembelajaran yang diperoleh yakni menumbuhkan kepedulian siswa terhadap alam sekitar, dan peningkatan keterampilan berpikir siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalan kehidupan sehari-hari yang ditunjukkan melalui hasil kerja siswa. Partisipasi mitra dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat meliputi tiga hal. Pertama, penyediaan tempat dengan memberikan ijin berupa penggunaan gedung sekolah dasar Muhammadiyah Purworejo, pemancingan, dan tempat usaha Nata de coco. Kedua, penyediaan fasilitas yang mitra lakukan kepada tim pendamping berupa kendaraan dan jamuan makanan. Ketiga, pemandu dalam penyampaian informasi sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan pendampingan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-28
How to Cite
Ngazizah, N., Ratnaningsih, A., & Pangestika, R. R. (2017). Pendampingan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Alam di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purworejo. Surya Abdimas, 1(1), 31-37. https://doi.org/10.37729/abdimas.v1i1.308
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >>