Akselerasi Peningkatkan Kinerja UMKM Pengerajin Bambu Melalui Digital Marketing
Abstract
Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilatarbelakangi situasi dan kondisi UMKM kerajinan bambu, di desa Sambeng, kecamatan Bayan, kabupaten Purworejo, yang sampai saat ini belum berkembang dan kurang produktif. Permasalahan utama yang dihadapi oleh para pengusaha bambu di desa Sambeng adalah berkaitan dengan masalah produktifitas, masalah manajemen bisnis, dan masalah bidang pemasaran yang cakupannya masih sangat terbatas. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk pemberdayaan dan memecahkan masalah mitra secara tuntas, berdampak positif, bersifat komprehensif, dan berkelanjutan (sustainable). Target atau sasaran program PKM ini adalah kelompok usia produktif, pemuda/i, dan warga desa Sambeng yang mempunyai usaha sebagai pengrajin bambu yang tergabung dalam kelompok pengrajin bambu dengan nama paguyuban “Bambu Indah Sambeng/BIS”. Solusi yang ditawarkan oleh program PKM ini adalah untuk mengatasi problem yang dihadapi oleh kelompok mitra yaitu dengan melaksana rangkaian kegiatan yang terstruktur, sistematis, dan terencana untuk mendukung para pelaku UMKM kengrajinan bambu dalam proses kemandirian ekonomi, melalui pelatihan ketrampilan digital marketing, optimalisasi produksi, inovasi produk dan promosi, serta memberikan pemahaman tentang bagaimana melakukan manajemen bisnis yang baik, sehingga produktifitas dan kinerja UMKM Bambu di desa tersebut dapat lebih ditingkatkan.
Downloads
References
Abdillah, M. B., Hakim, R. M. A., Damiri, D. M., & Zahra, F. (2018). Analisis strategi bisnis pada UMKM kerajinan bambu di Kota Bandung. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 2(3), 227-242.
Alqasa, K. M. A., & Afaneh, J. A. A. (2022). A Study on Digital Marketing and Sme Performance During COVID-19: A Case Saudi Smes. International Journal of eBusiness and eGovernment Studies, 14(1), 344-360.
Bashir, M., Alfalih, A., & Pradhan, S. (2023). Managerial ties, business model innovation & SME performance: Moderating role of environmental turbulence. Journal of Innovation & Knowledge, 8(1)
Chege, S. M., & Wang, D. (2020). The influence of technology innovation on SME performance through environmental sustainability practices in Kenya. Technology in Society, 60
Djakasaputra, A., Wijaya, O., Utama, A., Yohana, C., Romadhoni, B., dan Fahlevi, M. (2021). Empirical study of Indonesian SMEs sales performance in digital era: The role of quality service and digital marketing. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 303-310.
Dlodlo, N., dan Mafini, C. (2014). The relationship between Internet marketing paybacks and firm productivity: Perspectives from Zimbabwean SMEs. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(8), 21.
Farinha, L., Lopes, J., Bagchi-Sen, S., Sebastião, J. R., & Oliveira, J. (2020). Entrepreneurial dynamics and government policies to boost entrepreneurship performance. Socio-Economic Planning Sciences, 72
Hamill, J., dan Gregory, K. (1997). Internet marketing in the internationalisation of UK SMEs. Journal of Marketing Management, 13(1-3), 9-28.
Kimathi, D. K., Mukulu, E., & Odhiambo, R. (2019). Effect of Digital Marketing on the Performance of MSMES in Kenya. Journal of Marketing and Communication, 2(1), 1-23.
Leonidou, L. C., Leonidou, C. N., Hadjimarcou, J. S., dan Lytovchenko, I. (2014). Assessing the greenness of environmental advertising claims made by multinational industrial firms. Industrial Marketing Management, 43(4), 671-684. doi: 10.1016/j.indmarman.2014.02.003
Nuseir, M., dan Aljumah, A. (2020). The role of digital marketing in business performance with the moderating effect of environment factors among SMEs of UAE. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(3), 310-324.
Raharjo, I. B., Ausat, A. M. A., Risdwiyanto, A., Gadzali, S. S., & Azzaakiyyah, H. K. (2023). Analysing the Relationship between Entrepreneurship Education, Self-Efficacy, and Entrepreneurial Performance. Journal on Education, 5(4)
Saputra, M. H. (2015). Membangun Kesiapan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Purworejo Menyongsong Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(3).
Saputra, M. H. (2022). Meningkatkan Kinerja UKM dengan Membangun Kolaborasi Jejaring UKM. SEGMEN: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18(2).
Saputra, M. H., & Pratomo, L. A. (2023). Optimization of relational capital and the strength of SMEs network collaboration to improve its performance: Evidence from Indonesia. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 16(1), 111-12
Saura, J. R., Palacios-Marqués, D., dan Ribeiro-Soriano, D. (2021). Digital marketing in SMEs via data-driven strategies: Reviewing the current state of research. Journal of Small Business Management, 1-36.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi ketujuh. Cetakan keempat. Jakarta:PT Indeks
Subagio, D. P. W., Hastari, S., & Pudyaningsih, A. R. (2022). Diagonal (Digitalisasi Keanekargaman Potensi Lokal) Sebagai Upaya Promosi Produk-Produk UMKM di Kelurahan Randusari Kota Pasuruan. Surya Abdimas, 6(4), 646-656. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i4.1958
Taiminen, H. M., dan Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development.
Thaha, A. R., Maulina, E., Muftiadi, R. A., dan Alexandri, M. B. (2021). Digital marketing and SMEs: a systematic mapping study. Library Philosophy and Practice (e-journal), 5113.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andy Offset.
Yusfiarto, R., dan Pambekti, G. T. (2019). Do internet marketing factors with islamic values improve sme performance? Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(4), 807-828.
Zaridis, A., Vlachos, I., & Bourlakis, M. (2021). SMEs strategy and scale constraints impact on agri-food supply chain collaboration and firm performance. Production Planning & Control, 32(14), 1165-1178.
Copyright (c) 2023 Murry Harmawan Saputra, Murhadi Murhadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.