Pelatihan Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Terintegrasi HOTS Bagi MGMP Biologi
Abstract
Pada abad 21 berbagai keterampilan wajib dikuasai oleh guru, diantaranya adalah keterampilan 4C, inovasi, literasi media informasi, komunikasi dan teknologi. Model pembelajaran dengan menggunakan berpikir tingkat tinggi dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam kemampuan intelektual dan psikomotorik. Guru melakukan pembelajaran dengan mendesain pembelajaran menggunakan HOTS untuk mencapai tujuan pembelajaran yang memberdayakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan permasalahan yang diutarakan oleh MGMP Biologi Bekasi kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menfasilitasi guru biologi dalam meningkatkan kompetensi untuk mengorganisir pembelajaran dalam kelas dengan mendesain model pembelajaran yang inovatif teritegritas HOTS dan kegiatan pengabdian ini merupakan hilirasi dari hasil penelitian mengenai TPACK yaitu lebih di khususkan pada pedagogik. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan dilaksanakan secara daring selama 3 minggu dengan uraian : minggu pertama guru dibekali model-model pembelajaran kontemporer dan pendekatan STEAM, minggu kedua guru dibekali problem solving, computational thinking dan menyusun evaluasi HOTS, dan minggu ketiga guru mendesain perencanaan pembelajaran yang inovatif dan terintegrasi HOTS dan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Hasil evaluasi dan monitoring ditemukan bahwa ada beberapa konsep yang baru bagi guru. Desain yang sudah dirancang dapat bermanfaat bagi guru untk melaksanakan pembelajaran berbasis HOTS. Kegiatan ini disarankan untuk tetap dilanjutkan sampai pada implementasinya di sekolah agar guru dapat melakukan evaluasi kembali dan bagi mitra dapat melanjutkan kegiatan yang serupa. Sedangkan untuk tim pengabdi, kegiatan ini dapat menjadi rujukan untuk mengembangkan profesionalitas guru Biologi.
Downloads
References
Arumsari, Diandra. (2017). Pengaruh Keaktifan Guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Kemampuan Mengelola Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Sejarah SMA di Kabupaten Klaten. Jurnal Risalah: UNY. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/risalah/article/view/9736.
Barr, D., Harrison, J., & Conery, L. (2011). Computational Thinking: A Digital Age Skill for Everyone. Learning and Leading with Technology, 38(6), 20–23.
Doruk, B. K. (2014). The educational approaches of Turkish pre-service elementary mathematics teachers in their first teaching practices: Traditional or constructivist? Australian Journal of Teacher Education, 39(10), 113–134. https://doi.org/10.14221/ajte.2014v39n10.8
Elvianasti, M., Festiyed, F., Asrizal, A., Desnita, D., & Ritonga, R. F. (2022). Effect Size of Blended Learning Model in Improving Students’ Science Competence. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 8(1), 162. https://doi.org/10.33394/ jk.v8i1.4449
Elvianasti, M., Festiyed, F., Yerimadesi, Y., Kartikawati, E., & Zulherman, Z. (2022). Research Trends in PjBL (Project-Based Learning) at Indonesian. Journal of Biology Education. Jurnal Iqra’, 7(2), 105–119.
Goldman, K. H., Yalowitz, S., & Wilcox, E. (2016). The impact of arts-based innovation training on the creative thinking skills, collaborative behaviors and innovation outcomes of adolescents and adults. The Art of Science Learning, 3, 4-7.
Keane, L., & Design, E. (2016). STEAM by Design. Design and Technology Education, 21(1), 61–82.
Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sesuai Kurikulum 2013. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61
Kong, S. C., Lai, M., & Sun, D. (2020). Teacher development in computational thinking: Design and learning outcomes of programming concepts, practices and pedagogy. Computers and Education, 151(May 2019), 103872. https://doi.org/10.1016/ j.compedu.2020.103872
OECD. (2010). Educational Research and Innovation The Nature of Learning Using Research to Inspire Practice. OECD Publishing, 340.
Piirimees, A. (2020). Teachers’ Understanding Of Contemporary Approaches To Teaching And Learning. European Proceedings of International Conference on Education and Educational Psychology. European Publisher 229–239. https://doi.org/10.15405/ epiceepsy.20111.21
Rosidin, U., Suyatna, A., & Abdurrahman, A. (2019). A combined HOTS-based assessment/STEM learning model to improve secondary students’ thinking skills: A development and evaluation study. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 435–448. https://doi.org/10.17478/jegys.518464
Tibahary, A. R., & Muliana. (2018). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(03), 54–64.
Salam, A., Susilowati, E., Miriam, S., Dewantara, D., Haryandi, S., & Rahmatullah, P. (2020). Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–9.
Copyright (c) 2023 Mega Elvianasti, Irdalisa Irdalisa, Husnin Nahry Yarza, Rosi Feirina Ritonga, Rikizaputra Rikizaputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.